Mengenal Jenis Gelas Plastik untuk Usaha Minuman Anda

04 August 2019 | 00:00 WIB
Artikel oleh : Powerpack Indonesia

(Foto: indonesian.alibaba.com)

Usaha minuman sedang berkembang saat ini, baik itu di skala kecil maupun skala besar. Dengan kreatifitas dan inovasi, kini berkembang macam-macam jenis minuman. Usaha minuman ini pun banyak berkembang dengan sistem waralaba atau franchise.

Pada umumnya, usaha minuman tersebut menggunakan media gelas atau cup plastik untuk mengemas minuman yang kemudian ditutup dengan lid plastik dengan teknik sealing. Namun ada juga yang tidak menggunakan lid plastik sebagai penutupnya. Berikut jenis gelas yang umum digunakan untuk usaha minuman yang berkembang saat ini.

(Foto: indonesian.alibaba.com)

 

1. Gelas Plastik Berbahan PET / PETE (Polethylene Terephthalate)

PET atau PETE umumnya digunakan untuk mengemas air mineral baik itu gelas cup atau botol. Gelas plastik dengan bahan PET memiliki tampilan yang transparan dan jernih.

Kelebihan:

  • Gelas Plastik dengan bahan PET lebih tebal dan lebih bening. Gelas jenis ini biasa dipakai oleh Café dan Restoran. Contoh gelas PET dapat kita lihat pada gelas plastik yang digunakan oleh Starbucks atau J.Co.
  • Ukuran gelas lebih lengkap. Tersedia ukuran dari 8 Oz, 10 Oz, 12 Oz, 14 Oz, 16 Oz, 22 Oz, 24 Oz dan 30 Oz.

Kekurangan:

  • Gelas Plastik dengan bahan PET tidak bisa di Lid Sealer / Mesin Pres.
  • Harga gelas lebih mahal di bandingkan dengan Gelas Plastik PP.

 

2. Gelas Plastik Berbahan PP (Polypropylene)

 

Jenis plastik ini adalah yang terbaik jika digunakan untuk mengemas makanan ataupun juga minuman. Gelas plastik berbahan PP memiliki tampilan yang transparan namun tidak jernih dan cukup mengkilap.

Kelebihan:

  • Gelas Plastik dengan bahan PP banyak dijual di Pasaran. Ketebalan gelas lebih banyak. Ketebalan 4 gram, 5 gram, 7 gram, 9 gram dan 11 gram. Contoh Gelas PP dapat kita lihat pada gelas plastik yang digunakan oleh Chatime atau McD Café.
  • Harga jauh lebih murah dibandingkan Gelas Plastik PET
  • Gelas Plastik ini bisa dipakai Lid Sealer/ Mesin Pres.

Kekurangan:

  • Gelas Plastik ini dari sisi kejernihannya kurang dibandingkan Gelas Plastik PET. Karena memang karakter plastik PP yang kurang Jernih.

 

Bagaimana? Gelas plastik apa yang akan Anda gunakan untuk usaha minuman Anda? Pastikan jenis gelas yang tepat untuk usaha minuman Anda. Jika Anda membutuhkan Cup Sealer untuk gelas berbahan PP sebagai penutup gelas, Powerpack mempunyai Mesin Cup Sealer berkualitas baik untuk pengoperasian manual Cup Sealer CS-M727I atau Cup Sealer CS-M868I, semi otomatis Cup Sealer CS-S929, atau full otomatis Cup Sealer CS-ZF07.

 

Sumber:
https://raggne.wordpress.com/2015/05/11/arti-kode-kemasan-plastik-pete-hdpe-pvc-ldpe-pp-ps/
https://tokogelasplastik.com/blog/tips-dan-trik/gelas-plastik-pet-dan-gelas-plastik-pp

Hai! Selamat datang di website POWERPACK!

Pomin siap membantu Anda. Jangan ragu untuk memberi tahu Pomin kebutuhan kamu.

Hello! What can I do for you?
×
Hubungi Kami