Lakukan 4 Hal Ini Saat Pendistribusian Produk Agar Tetap Aman

22 March 2023 | 09:31 WIB
Artikel oleh : Powerpack

Source : Pexels

Pernahkah kita membayangkan bagaimana suatu produk dapat sampai ke tangan konsumen atau end user ? Kadang konsumen merasa kesal jika produk yang telah dipesan terlambat datang. Bahkan jika sudah sampai, barang dalam keadaan rusak. Makanya tak heran, jika para produsen perlu mempersiapkan proses pengiriman sebaik mungkin, agar tidak mengecewakan konsumen. Meski begitu, bagi kamu yang tengah berbisnis dan ingin mengirimkan produk dengan aman, kamu dapat melakukan beberapa hal ini untuk meminimalisir kerusakan produk saat pendistribusian. Simak selengkapnya di bawah ini, ya! 

1. Pilih Expedisi yang Tepat

Ada banyak jenis expedisi yang dapat membantu kamu dalam mendistribusikan produk dengan cepat dan aman. Pilih expedisi yang paling tepat, sesuai dengan target pasar sehingga kamu hanya perlu menyerahkan produk ke distributor untuk dilanjutkan kepada konsumen. Pilihlah expedisi yang terpercaya agar saat proses pengiriman produk akan tetap aman hingga ke tangan konsumen.

2. Bungkus Produk Secara Berlapis

Agar produk yang dikirimkan tetap aman selama pengiriman, kamu juga perlu memberikan perlindungan berlapis yaitu dengan cara melapisi produk menggunakan bubble wrap dan membungkusnya kembali dengan karton/kardus. Jika dalam satu kardus terdapat beberapa produk, maka setiap produk harus dilapisi bubble wrap atau bahan lainnya secara terpisah. Salah satu cara untuk melapisi kemasan produk dan menyatukan menjadi satu paket, kamu dapat menggunakan Mesin Shrink. Sering kita temui produk-produk seperti buku, majalah, kotak makanan, dll yang memiliki kemasan plastik luar bening dan tipis yang berfungsi untuk membungkus produk supaya tidak kotor, tidak basah dan juga sebagai penyegel produk. Untuk dapat membuat kemasan pembungkus produk tersebut dibutuhkan Mesin Shrink.

Mesin Shrink BSD-350B dari POWERPACK merupakan mesin pengemasan yang memperkenalkan metode penyusutan plastik kemasan produk. Mesin Shrink BSD-350B akan memanaskan plastik film hingga menyusut mengikuti pola bentuk produk yang dikemas. Sehingga, produk yang dikemas akan lebih aman, anti air, anti debu, dan lebih aesthetic. Mesin Shrink BSD-350B memiliki cara kerja dengan memberikan suhu panas pada plastik pembungkus, agar plastik lentur dan menyusut sehingga plastik dapat membungkus produk dengan mengikuti bentuk dan pola produk. Cara menyusutkan plastik pembungkus dengan menggunakan teknologi elemen pemanas. Suhu panas pada mesin ini dapat diatur sesuai dengan karakteristik plastik pembungkus sehingga tidak akan menyebabkan plastik meleleh.

Adapun plastik pembungkus yang digunakan haruslah jenis plastik PVC, POF dan PE. Karena jenis plastik ini memiliki sifat yang dapat menyusut dan tidak mudah meleleh. Masing-masing jenis plastik ini memiliki kelebihan yang harus disesuaikan pada produk yang akan dibungkus. Mesin Shrink BSD-350B juga banyak dimanfaatkan oleh industri besar seperti industri minuman, makanan, shampo, cairan kebersihan, dan lain-lain karena Mesin Shrink BSD-350B ini mampu membungkus produk baik dalam jumlah satuan maupun banyak. Dengan dilengkapi terowongan (tunnel) dan conveyor, Mesin Shrink BSD-350B dapat memberikan output yang efektif dan efisien.

Spesifikasi : 

Voltase : 220 V atau 380 V / 50 Hz

Daya : 6.5 KW (Adjustable)

Tipe Konveyor : ROAD

Kecepatan Konveyor : 0-10 meter/menit

Kapasitas Konveyor : 5 Kg

Pack Size : 30 x 10 Cm

Dimensi Tunnel : 83 x 35 x 15 Cm

Berat Mesin : 75 Kg

Dimensi Mesin : 105 x 55 x 110 Cm

Untuk informasi lebih detail silahkan cek video berikut ini, ya!

 

3. Tempelkan tanda peringatan

Setelah memberikan kemasan secara berlapis, kamu juga perlu memberikan tanda peringatan pada kemasan paling luar produk agar sang kurir memperlakukan barang kirimannya dengan hati-hati. Memberi stiker tanda tanda fragile atau mudah pecah/rusak adalah salah satu trik yang paling sering ditemui. Sebisa mungkin paket yang dikirimkan juga perlu dikemas menggunakan bahan yang tahan banting. Jika barang yang dikirim bersifat cair atau mudah pecah, sebaiknya beritahu pihak ekspedisi. Dengan begini, mereka bisa memberi tanda peringatan, berupa sticker pada bagian luar.

4. Gunakan bahan kemasan yang tepat

Penggunaan kemasan harus disesuaikan dengan bahan yang ada di dalam, sebagai contoh kemasan untuk barang cair harus dikemas dengan sedemikian rupa dan aman sehingga terhindar dari kebocoran. Untuk merapatkan tutup botol, kamu dapat menggunakan mesin untuk membantu proses penyegelan agar lebih aman, mesin POWERPACK Multi Functional Locking & Capping Machine DK-50D dapat membantu mempermudah proses penyegelan pada tutup botol.Multi Functional Locking & Capping Machine DK-50D dapat digunakan untuk tutup botol metal dan aluminium, seng, kawat, dan ulir dari berbagai jenis botol kaca. Multi Functional Locking & Capping Machine DK-50D cocok digunakan dalam industri pengemasan produk liquid atau cair untuk mempermudah dan mempercepat proses penyegelan botol seperti produk sirup, kimia, obat-obatan, dan kosmetik.

Mesin Multi Functional Locking & Capping Machine DK-50D memiliki kualitas bahan terbaik sehingga mesin ini dapat digunakan dalam waktu yang lama. Selain memiliki kualitas terbaik, mesin Multi Functional Locking & Capping Machine DK-50D ini juga memiliki desain yang dapat memudahkan kamu saat menggunakan. Keuntungan dari penggunaan Mesin Multi Functional Locking & Capping Machine DK-50D ini, antara lain Struktur yang sederhana dengan kualitas penyegelan yang stabil, Cara penggunaan yang simple serta perawatan yang mudah, Produk tetap higienis sehingga kualitas produk tetap terjaga.

Spesifikasi : 

Voltase : 220V / 50Hz

Daya : 370 Watt

Diameter Produk : 2-4 cm

Lebar Segel : 0,7-3,5 cm

Tinggi Botol : 5-30 cm

Kecepatan Seal : 1200 Bottle/hr

Berat : 65 Kg

Dimensi : 52 x 20 x 92 cm

Untuk informasi lebih detail silahkan cek video di bawah ini, ya!

 

 

Untuk bahan berminyak, penggunaan kertas biasa dapat membuat kemasan menjadi basah dan sobek, sehingga untuk mengemas snack atau makanan yang mengandung minyak pastikan kemasan bisa menahan kadar minyak yang terkandung dalam produk. Untuk menguatkan segel kemasan, kamu dapat menggunakan Continuous Band Sealer dari POWERPACK SF-150LW. Continuous Band Sealer SF-150LW merupakan mesin segel untuk bahan plastik yang dibuat dari bahan PE, PP dan Aluminium Foil Laminated. Continuous Band Sealer SF-150LW dapat digunakan dengan 2 cara, yaitu vertikal dan horizontal. Penggunaan secara vertikal digunakan untuk menyegel produk cair. Sedangkan horizontal untuk produk non-cair. Sesuai dengan namanya, mesin ini bekerja secara kontinu sehingga dapat digunakan untuk produk yang memiliki panjang tidak umum.

Continuous Band Sealer SF-150LW memiliki kualitas terbaik yang dapat digunakan untuk jangka waktu yang panjang. Berbahan stainless steel dengan kualitas terbaik membuat Continuous Band Sealer SF-150LW dapat digunakan untuk jangka waktu yang panjang. Continuous Band Sealer SF-150LW memiliki kecepatan segel 0-12 m/min dan lebar segel 0,6-1,5 cm. Continuous Band Sealer SF-150LW memiliki hasil cetak Embossing 1 line 15 letters. Kapasitas konveyor pada Continuous Band Sealer SF-150LW adalah 5 kg.

Spesifikasi : 

Voltase : 220V / 50Hz

Daya : 700 W

Kecepatan segel : 0-12 m/min

Lebar segel : 0,6-1,5 cm

Tebal film : 0,02-0,08 mm

Hasil cetak : Embossing 1 line 15 letters

Temperatur : 0-300°C

Kapasitas konveyor : 5 Kg

Berat : 42 Kg

Dimensi : 90 x 42 x 66 cm

Untuk informasi lebih detail silahkan cek video di bawah ini, ya!

 


 

Sumber : 

https://ndelogistic.co.id/hal-wajib-di-ketahui-sebelum-memilih-jasa-ekspedisi-untuk-mengirim-barang/ 

 

Hai! Selamat datang di website POWERPACK!

Pomin siap membantu Anda. Jangan ragu untuk memberi tahu Pomin kebutuhan kamu.

Hello! What can I do for you?
×
Hubungi Kami