Bahan Plastik Kemasan yang Baik untuk Makanan

11 August 2022 | 09:24 WIB
Artikel oleh : Powerpack

Source : Pexels

Apakah kamu sering membeli makanan dibandingkan dengan produk lainnya ? makanan memang banyak disukai dan mudah dicari. Makanan merupakan zat yang dimakan oleh makhluk hidup untuk mendapatkan nutrisi yang kemudian diolah menjadi energi. 

 

Makanan yang sering kita jumpai pastinya menggunakan kemasan untuk dapat melindungi makanan dari bakteri dan debu. Saat ini sudah banyak berbagai jenis bahan kemasan makanan dengan berbagai macam bentuk yang sering dijumpai di pasaran. Yang paling banyak digunakan sebagai bahan kemasan makanan adalah plastik. Hal ini karena plastik memiliki banyak keunggulan.

 

Plastik merupakan bahan polimer organik. Sifatnya yang ringan dan serbaguna dalam proses pengemasan makanan. Kemasan plastik dapat melindungi kontaminasi makanan dan menawarkan kekuatan mekanik yang memadai. Karena biaya yang lebih terjangkau dan konsumsi energi yang lebih rendah selama pembuatan, plastik dapat menggantikan bahan kemasan tradisional.

 

Selain itu, kemasan plastik dapat melindungi makanan lebih lama dan meminimalkan penggunaan bahan pengawet. Namun, meskipun plastik adalah bahan yang dapat didaur ulang, mereka adalah polutan (bahan pencemaran). Dalam proses pembuatan plastik, ada banyak jenis resin plastik, dengan yang paling banyak digunakan untuk produk makanan adalah:

  • Polyvinyl Chloride (PVC): sangat tahan terhadap kelembaban, lemak, dan gas. Terdapat dua jenis, yaitu kaku dan lunak. Jenis plastik ini biasa digunakan untuk wrapping makanan.
  • Polyethylene dan varietasnya (PET, HDPE, LDPE). Perkembangan jangkauan PET telah merevolusi industri pengemasan, memungkinkan plastik untuk bersaing secara langsung dengan botol kaca. Bahan PET biasa digunakan untuk botol air, saus, dan kecap. HDPE biasa digunakan untuk kemasan margarin. LDPE untuk kemasan roti. Ketiga kemasan ini tidak tahan suhu panas lebih dari 80°C.
  • Polystyrene (PS) adalah plastik pilihan untuk thermoforming karena kekuatannya, kelenturan dan biaya rendah. Namun, kemasan ini dianggap kurang baik untuk kesehatan, sehingga dalam menggunakan kemasan ini harus dilapisi dengan bahan aman lainnya seperti daun pisang atau plastik PE.
  • Selulosa adalah zat biodegradable yang diperoleh dari dinding sel banyak sayuran dan jamur. Itu adalah film transparan pertama yang digunakan dalam kemasan dan saat ini digunakan untuk produk permen dan kue, dalam situasi di mana uap perlu "bernapas" untuk menghindari deformasi produk.
  • Poliamida adalah jenis polimer yang dapat ditemukan di alam seperti wol, atau secara sintetis, seperti nilon. Mereka digunakan untuk produk makanan rebus, makanan beku, ikan, daging, sayuran dan daging olahan serta keju.

 

Dalam proses mengemas plastik untuk makanan, pasti nya makanan harus tersegel dengan rapi agar dapat menjaga kualitas makanan. Untuk menyegel kemasan plastik, kamu dapat menggunakan Mesin Hand Sealer PCS-300A dari POWERPACK. Mesin Hand Sealer PCS-300A dapat menyegel kemasan dengan sempurna untuk plastik PE dan plastik PP. Bukan cuma makanan, Mesin Hand Sealer PCS-300A dapat digunakan untuk menyegel kemasan berbagai jenis produk seperti alat tulis, obat-obatan, dan lain-lain. Mesin Hand Sealer PCS-300A didesain dengan body yang kokoh dan memudahkan proses penyegelan.

PCS-300A

Spesifikasi Produk

Daya

450 W

Panjang

30 cm

Lebar

0,25 cm

Berat

3,5 Kg

 

Untuk informasi selengkapnya silahkan cek video di bawah ini, ya!


 

Sumber : 

https://www.merdeka.com/sumut/4-jenis-kemasan-makanan-yang-sesuai-dan-aman-digunakan-kln.html 

 

Hai! Selamat datang di website POWERPACK!

Pomin siap membantu Anda. Jangan ragu untuk memberi tahu Pomin kebutuhan kamu.

Hello! What can I do for you?
×
Hubungi Kami