4 Minuman tradisional dari Indonesia

09 March 2022 | 15:57 WIB
Artikel oleh : Powerpack

Source : Pinterest

Indonesia kaya akan budaya warisan turun-temurun dari leluhur. Warisan yang diturunkan kaya akan nilai yang harus dijaga. Warisan dari leluhur salah satunya adalah minuman.

Indonesia memiliki beragam jenis minuman tradisional. Minuman tradisional berasal dari berbagai daerah yang ada. Minuman-m inuman ini memiliki ciri khasnya masing.

Beragamnya minuman tradisional dapat dinikmati saat siang hari maupun malam hari. Beberapa minuman tradisional dapat digunakan sebagai obat.

Pomin sudah meringkas 4 minuman tradisional dari Indonesia yang wajib kamu ketahui. Yuk simak ulasannya di bawah ini!

 

Bir pletok

No alt text provided for this image

Dari namanya, bir pletok merupakan minuman yang tidak boleh dikonsumsi. Namun, bir pletok adalah minuman tradisional khas warga betawi. 

Bir pletok terbuat dari rempah-rempah pilihan, seperti jahe, kayu manis, biji pala, sereh, dan lain-lain. Bahan-bahan yang digunakan membuat bir pletok dapat digunakan sebagai minuman herbal.

 

Dawet 

No alt text provided for this image

Dawet merupakan minuman yang berasal dari daerah Jawa. Minuman ini terbuat dari tepung beras yang diberi pewarna hijau alami. Dawet dihidangkan dengan es serut, cair, dan santan. Kesegaran dawet paling cocok diminum saat siang hari.

 

Bajigur

No alt text provided for this image

Bajigur adalah minuman yang berasal dari adat sunda. Bajigur umumnya disajikan saat malam hari. Minuman ini juga cocok diminum saat cuaca sedang dingin. Bajigur terbuat dari kopi, gula aren, dan santan. Penyajian bajigur sering kali ditambahkan dengan roti dan kolang-kaling.

 

STMJ

STMJ merupakan mesin salah satu minuman tradisional yang berasal dari Jawa Timur. Sesuai dengan namanya, minuman ini terbuat dari campuran susu, telur, madu, dan jahe. 

Bahan-bahan pada STMJ memiliki khasiat untuk menambah stamina seseorang. STMJ paling cocok diminum saat cuaca dengan dingin.

 

Nah, itulah daftar minuman tradisional asal Indonesia. Dari daftar di atas, mana minuman tradisional favorit Pasukan Pomin? Dari daftar tersebut, Pasukan Pomin dapat menjadikan minuman tradisional Indonesia sebagai salah satu ide bisnis. Bisnis minuman sedang menjadi salah satu bisnis yang sedang trend di Indonesia. Mulai dari kopi, teh, hingga jamu dijadikan sebagai salah satu pilihan dalam berbisnis. 

Salah satu hal terpenting dalam memulai bisnis minuman adalah kemasan. Pasukan Pomin dapat menggunakan botol sebagai kemasan dalam memasarkan produk. 

Pemilihan botol juga dapat menjadi daya tarik pelanggan untuk membeli produk. Salah satu perusahaan minuman boba melakukan inovasi dengan menggunakan pop can sebagai kemasannya.

Tetapi penggunaan botol plastik juga tidak kalah baik dibandingkan dengan pop can. Botol plastik dapat didesain sekreatif mungkin sehingga dapat menarik pelanggan.

Nah, jika Pasukan Pomin memilih menggunakan botol plastik, Pomin akan merekomendasikan salah satu mesin yang wajib dimiliki yaitu mesin DK-5Z. DK-50Z adalah mesin segel botol yang dapat membantu Pasukan Pomin menutup atau menyegel botol dengan mudah.

DK-50Z memiliki kecepatan menyegel botol hingga 1200 botol / jam sehingga dapat membantu kamu menyegel botol lebih cepat. Mesin ini terbuat dari bahan kualitas tinggi sehingga dapat digunakan dalam waktu lama. Penasaran seperti apa penampakan mesin ini? Yuk simak videonya di bawah ini:

Hai! Selamat datang di website POWERPACK!

Pomin siap membantu Anda. Jangan ragu untuk memberi tahu Pomin kebutuhan kamu.

Hello! What can I do for you?
×
Hubungi Kami