Tips Mudah Agar Makanan Tidak Cepat Busuk

11 February 2022 | 17:35 WIB
Artikel oleh : Powerpack

Source : Pinterest

Kebutuhan nutrisi dan vitamin untuk tubuh bisa didapatkan dari makanan segar. Makanan segar akan memberikan lebih banyak nutrisi. Kesegaran makanan harus dipertahankan mulai dari bahan baku hingga siap untuk dikonsumsi. 

Makanan seringkali menjadi media penyebaran penyakit yang paling umum. Penyebaran bakteri biasanya merupakan kontaminasi dari udara dan dari tempat peletakan makanan. Selain itu, penyebaran bakteri dapat terjadi karena hama atau serangga yang kemudian hinggap dan membawa bakteri ke makanan.

Pada awal penyebaran bakteri, makanan yang terkontaminasi tidak akan mengalami perubahan rasa, warna, dan aroma. Menurut sebuah penelitian di Inggris, bakteri pada makanan dapat berkembang hingga 100 juta hanya dalam waktu 9 jam saja.

Makanan yang terkontaminasi umumnya menyebabkan mual, diare, dan demam. Gejala terkontaminasi makanan bervariasi tergantung pada bakteri yang menjadi penyebabnya. Gejala ini sering disebut sebagai keracunan makanan dan bahkan bisa menyebabkan kematian pada kasus tertentu.

Risiko makanan terkontaminasi tidak dapat dihilangkan, tetapi dapat dikurangi dengan cara mengurangi kemungkinan penyebaran bakteri. Kamu dapat mengikuti tips-tips berikut untuk mengurangi penyebaran bakteri sehingga makananmu lebih aman dikonsumsi.

 

Mengelompokkan jenis makanan yang akan disimpan

Tempat menyimpan makanan harus terjaga kebersihan dan kehigienisannya. Pastikan memberi perhatian lebih pada tempat menyimpan makanan.

Untuk menjaga kebersihan tempat menyimpan makanan, Pasukan Pomin bisa membuat jadwal khusus untuk membersihkan. Pembuatan jadwal dapat disesuaikan dengan jenis makanan yang disimpan.

Pasukan Pomin juga dapat menggunakan penyimpanan yang berbeda untuk setiap jenis makanan. Sebagai contoh, Pasukan Pomin dapat membuat penyimpanan kering di dalam lemari dan dimasukan ke dalam toples, penyimpanan dingin menggunakan kotak yang diletakan ke dalam lemari pendingin, penyimpanan daging yang diletakan di dalam plastik bersih atau kotak lalu dimasukan ke dalam freezer atau peti pembeku, dan lain-lain.

Saat memilih makanan yang hendak dikonsumsi dari tempat penyimpanan, pastikan bahan makanan yang disimpan paling lama harus dipilih terlebih dahulu. Cara ini dapat meminimalisir pembusukan di tempat penyimpanan karena terlalu lama disimpan.

 

Menggunakan freezer

Ada beberapa makanan yang wajib diletakan di freezer, seperti ikan dan daging. Kedua jenis ini merupakan bahan makanan yang mudah terkontaminasi. Tempat penyimpanan ikan dan daging sebaiknya bersuhu kurang dari 4°C.  Kedua jenis bahan tersebut hanya dapat diletakan pada ruang terbuka dengan waktu maksimal selama 2 jam.
Bakteri dapat berkembang dengan baik pada suhu 0°– 114 °C, suhu dalam freezer dapat mencegah bakteri berkembang sehingga akan mengulur waktu proses pembusukan. Selalu pastikan daging dan ikan yang disimpan ke dalam kulkas disimpan dalam kemasan yang berbeda dan jangan menumpuknya untuk memudahkan kita saat ingin mengambil dan mengkonsumsi kembali.

 

Menutup bahan makanan

Pasukan Pomin dapat menutup makan agar tidak terkontaminasi oleh bakteri. Penyebaran bakteri paling cepat terjadi melalui udara sehingga kamu perlu menutup bahan makanan untuk mencegahnya hinggap pada makanan.

Untuk menutup bahan makanan apapun, kamu dapat menggunakan kotak, penutup, kain, plastik, plastik wrap, dan lain-lain. Untuk beberapa wadah yang tidak memiliki penutup, plastik wrap merupakan penutup yang terbaik.
Menutup makanan dengan plastik wrap dapat dibantu dengan menggunakan mesin HW-450. Mesin ini membantu agar plastik wrap yang digunakan untuk menutup tidak keriting saat ditarik. Selain itu mesin ini dilengkapi dengan pemanas untuk memotong plastik wrap dengan mudah dan rapi.

Mesin HW-450 terbuat dari stainless steel terbaik sehingga dapat digunakan dalam waktu lama. Mesin ini dapat digunakan untuk menutup makanan hingga berukuran 45.2 cm. HW-450 merupakan mesin yang hemat listrik dan memiliki desain yang futuris. Mesin ini juga memiliki bodi compact yang membuat mesin ini stabil dan mudah dipindah-pindahkan.

Nah itu dia beberapa alasan yang dapat mengurangi risiko penyebaran bakteri. Dengan tidak terkontaminasinya makanan oleh bakteri dapat mempertahankan kesegaran dan nutrisi. Jika kamu tertarik menggunakan mesin HW-450, kamu bisa mendapatkannya dengan klik disini!

Hai! Selamat datang di website POWERPACK!

Pomin siap membantu Anda. Jangan ragu untuk memberi tahu Pomin kebutuhan kamu.

Hello! What can I do for you?
×
Hubungi Kami