Rekomendasi Kemasan Produk Minuman yang Baik

08 June 2022 | 11:06 WIB
Artikel oleh : Pomin Admin

Source : Unsplash

Saat ingin membeli suatu produk, apa yang kalian jadikan pertimbangan dalam melakukan pembelian ? Apakah rasa atau kualitas dari produk tersebut ? Atau kemasan yang digunakan? Tentu pasti akan mempertimbangkan keduanya. Sebagai pengusaha tidak cukup hanya memperhatikan kualitas dan rasa dari produk yang ditawarkan, namun juga perlu memperhatikan tempat penyajian. Saat ini para pengusaha semakin kreatif untuk membuat kemasan yang lebih praktis dan unik. Banyak produk kemasan yang mulai menggunakan bahan ramah lingkungan dan dapat digunakan secara berulang. Berikut beberapa rekomendasi kemasan untuk produk minuman yang sering dijumpai dalam kehidupan sehari-hari:

1. Plastik

Plastik merupakan jenis kemasan produk yang banyak digunakan untuk mengemas makanan dan minuman. Kemudahannya dalam proses produksi dan harganya yang murah membuat kemasan plastik menjadi banyak dipilih. Namun, perlu diketahui bahwa beberapa jenis kemasan plastik yang berasal dari polyetilen, polypropilen, polyvinylchlorida tidak aman bagi kesehatan. Jika jenis kemasan plastik tersebut dibakar atau dipanaskan dapat menimbulkan dioksin, yaitu suatu zat yang sangat beracun dan dapat menyebabkan kanker serta dapat mengurangi sistem kekebalan tubuh seseorang.

Kemasan produk minuman berkarbonasi dapat menggunakan kemasan yang kuat, tahan benturan, tidak tembus cahaya dan ketahanannya terhadap gas rendah sehingga jenis kemasan yang sesuai adalah poliakrilonitril. Untuk kemasan produk minuman yang tidak berkarbonasi maka dipilih kemasan plastik yang mengalami proses ekstrusi yaitu Lamicon yang berasal dari PE dan lamipet (bahan yang mengandung 95% polivinil asetat saponifiliasi).

2. Standing Pouch

Standing pouch atau yang sering disebut sebagai stand up pouch merupakan jenis kemasan fleksibel yang dapat berdiri dan biasanya memiliki zipper. Berbeda dari jenis kemasan plastik pada umumnya, jenis stand up pouch lebih unggul karena stand up pouch dapat berdiri tegak sehingga memudahkan saat memasang produk. Stand up pouch saat ini menjadi salah satu trend kemasan minuman serta sering digunakan untuk produk minyak goreng, makanan ringan, dan sebagainya.

Untuk menjaga keamanan produk dalam kemasan seperti standing pouch dan jenis kemasan plastik lainnya dibutuhkan mesin yang dapat menyegel permukaan yang terbuka. Salah satu mesin terbaik yang dapat menyegel kemasan adalah Continuous Band Sealer SF-150LW/P (Stand Model). Mesin ini berfungsi untuk menyegel produk.  SF-150LW/P dapat dioperasikan dengan mudah, sehingga mesin ini dapat mempersingkat waktu saat pengemasan produk. SF-150LW/P akan membantu pekerjaan menjadi lebih efisien karena menggunakan konveyor yang dapat diatur kecepatannya sesuai kebutuhan. Mesin ini dilengkapi pengatur suhu yang berfungsi untuk menyesuaikan panas yang digunakan untuk menyegel kemasan plastik yang berbeda-beda ketebalannya dan karakteristik.

Baca juga: Tips Packing Produk untuk Toko Online

3. Botol Plastik

Botol plastik merupakan wadah yang biasanya berbentuk relatif simpel dan mudah dibawa kemana saja. Botol plastik biasa digunakan sebagai kemasan produk minuman siap minum. Kemasan botol plastik tidak hanya dapat digunakan untuk produk minuman saja, tetapi juga dapat digunakan untuk produk cairan pembersih, minyak goreng, kosmetik, dan sebagainya. 

Untuk perlindungan tambahan dalam kemasan produk botol plastik yang bersifat sensitif seperti cairan pembersih dan kosmetik. Disini Pomin akan memperkenalkan suatu mesin yaitu Mesin Thermal Shrink BS-260. Mesin ini merupakan mesin pengemasan yang memperkenalkan metode penyusutan plastik kemasan produk. Mesin Shrink akan memanaskan plastik film hingga menyusut mengikuti pola bentuk produk yang dikemas. Alhasil, produk yang dikemas akan lebih aman, anti air, dan anti debu.

Mesin ini memiliki cara kerja dengan memberikan suhu panas pada plastik pembungkus, agar plastik lentur dan menyusut sehingga plastik dapat membungkus produk dengan mengikuti bentuk dan pola produk. Cara menyusutkan plastik pembungkus dengan menggunakan teknologi elemen pemanas. Suhu panas pada mesin ini dapat diatur sesuai dengan karakteristik plastik pembungkus sehingga tidak akan menyebabkan plastik meleleh. BS-260 mampu membungkus produk baik dalam jumlah satuan maupun banyak.

 

Hai! Selamat datang di website POWERPACK!

Pomin siap membantu Anda. Jangan ragu untuk memberi tahu Pomin kebutuhan kamu.

Hello! What can I do for you?
×
Hubungi Kami