Pengaruh Detail Kemasan Terhadap Sebuah Bisnis

21 November 2022 | 09:41 WIB
Artikel oleh : Powerpack

Source : Unsplash

Di era revolusi industri dan society saat ini, persaingan antar perusahaan untuk menarik minat beli konsumen sangat ketat. Hal ini membuat banyak perusahaan yang mulai memikirkan strategi efektif yang dapat menarik konsumen untuk membeli produknya. Salah satu cara perusahaan untuk menarik konsumennya adalah dengan menggunakan kemasan yang menarik. Sebelumnya, kemasan belum menjadi perhatian utama, namun sekarang banyak perusahaan dalam bidang makanan dan minuman mulai untuk fokus pada keunikan, kemudahan dan keindahan kemasan pada suatu produk, karena hal tersebut dinilai dapat mempengaruhi minat membeli konsumen.

Kemasan tidak lagi hanya memiliki fungsi sebagai wadah pembungkus produk makanan atau minuman agar terhindar dari kontaminasi debu, kotoran, dan hal lainnya yang dapat mengurangi kualitas produk. Saat ini kemasan produk memiliki fungsi lainnya yaitu sebagai alat promosi yang dapat menarik minat beli konsumen. Dengan kemasan yang memiliki keunikan, keindahan, dan kemudahan akan menjadi daya tarik untuk konsumen melihat produk tersebut, sehingga memutuskan untuk membeli produk tersebut.

Berikut ini hal-hal yang membuat kemasan dapat menjadi daya tarik dalam minat beli konsumen. Cari tahu selengkapnya berikut ini, ya!

1. Bahan Kemasan

Bahan kemasan merupakan hal yang penting untuk mencegah produk dari kerusakan yang dapat menyebabkan kerugian bagi perusahaan. Kualitas kemasan yang memiliki bahan tinggi kualitas akan menjadi nilai tambah dan dapat menarik konsumen lebih dibandingkan dengan kemasan yang memiliki kualitas yang rendah.

Kemasan dengan kualitas tinggi memiliki bahan yang kokoh, tidak mudah rusak, tahan lama, ramah lingkungan, dan dapat didaur ulang. Penggunaan kemasan dengan kualitas tinggi dapat menjaga produk terhindar dari kontaminasi hal-hal yang dapat mengurangi kualitas produk saat proses pengiriman sebelum diterima oleh konsumen.

2. Informasi yang Tercantum

Informasi tercetak berisi semua informasi yang berhubungan dengan kualitas produk, komposisi, deskripsi yang membantu untuk menjelaskan brand produk tersebut. Menambahkan informasi penting terkait produk dalam kemasan dapat menyempurnakan kemasan produk tersebut.

Untuk mencantumkan informasi seperti kode produksi dan kode expired, kamu dapat menggunakan Mesin Pad Printing. Pad Printing DDYM-520 dari POWERPACK merupakan suatu mesin yang wajib untuk dimiliki para pengusaha makanan atau minuman kemasan. Mesin Pad Printing DDYM-520 berfungsi untuk memberikan label pada kemasan seperti kemasan logam, kaca, nylon, botol. Mesin Pad Printing DDYM-520 digunakan untuk mencetak kode produksi atau expired pada kemasan. Mesin Pad Printing DDYM-520 ini menggunakan tinta solid dan dapat bekerja secara semi otomatis. Pad Printing DDYM-520 menggunakan Hard Scraper sehingga tulisan terlihat bersih dan jelas. Pad Printing DDYM-520 memiliki stempel berbahan silikon dan plat besi untuk grafir dari bahan yang kuat dan tahan lama. Pad Printing DDYM-520 menggunakan tenaga listrik dengan daya 100 Watt untuk menyalakan mesin.

Spesifikasi : 

Voltase : 240 V/ 50 Hz

Daya : 100 Watt

Model Lempengan Tinta : Kotak (Tanpa Tabung Tinta)

Kecepatan Cetak Kode : 20-60 times/menit

Area Cetak : < 1,5 x 5 Cm

Tinggi Area Cetak : 38 Cm

Berat : 40 Kg

Dimensi : 60 x 38 x 61 Cm

Untuk informasi lebih detail silahkan cek video di bawah ini, ya!

 

3. Keunikan Kemasan

Ketika pertama kali melihat kemasan suatu produk, maka tentu hal yang menarik untuk dilihat terlebih dahulu. Desain kemasan yang eye-catching dapat membuat produk menonjol. Desain dapat mempengaruhi melalui warna, huruf, dan garis yang dicetak pada kemasan dengan tanda-tanda dan simbol yang diletakkan. Hologram dan kombinasi dari berbagai bahan dapat mendorong konsumen untuk menyentuh paket, sehingga membuat konsumen untuk mencoba produk. Apabila desain pada produk rendah, maka ketertarikan konsumen untuk membeli juga menjadi rendah, dan bila kemasan produk menarik, maka ketertarikan konsumen dalam membeli juga menjadi tinggi.

Salah satu yang dapat menjadi daya tarik kemasan adalah warna, karena warna merupakan bagian yang paling mencolok oleh pandangan kita. Bahkan terkadang warna dapat menarik kita untuk membeli produk tersebut. Jika produk sudah terkenal memiliki khas nya sendiri, hal ini dapat membuat konsumen mengetahui produk tersebut hanya dengan melihat warna kemasannya saja.

Selain warna, jenis huruf juga penting untuk diperhatikan dalam kemasan produk. Huruf merupakan hal yang penting dari kemasan untuk menarik perhatian pelanggan. Jika menggunakan Informasi kemasan dengan menggunakan ukuran font yang kecil dan jenis font yang padat sehingga sulit untuk dibaca konsumen, hal ini dapat menyebabkan informasi yang tidak akurat dan dapat membuat kesalahpahaman. Oleh karena itu setiap informasi dalam kemasan harus jelas dan mudah terbaca bagi konsumen.

Kemasan produk yang berguna adalah yang dapat digunakan untuk hal lainnya. Kemasan ini biasanya dinilai unik karena dapat digunakan kembali dengan fungsi berbeda. Kemasan ini biasanya terbuat dari bahan Popcan, kaleng, ataupun botol. Jika kamu menggunakan kemasan produk yang dapat berguna, ini akan menjadi nilai tambah untuk produk kamu. Penggunaan kemasan produk dengan menggunakan kaleng, popcan, ataupun botol dapat digunakan kembali menjadi vas bunga, tempat pensil, pot tanaman, dan sebagainya.

 

Sumber : 

https://ud-adhika.com/dnews/5/efek-packaging-(kemasan)-terhadap-penjualan-suatu-produk-.html 

https://www.bhinneka.com/blog/benarkah-kemasan-produk-sangat-berpengaruh-terhadap-penjualan-produk-sebuah-bisnis/ 

 

Hai! Selamat datang di website POWERPACK!

Pomin siap membantu Anda. Jangan ragu untuk memberi tahu Pomin kebutuhan kamu.

Hello! What can I do for you?
×
Hubungi Kami