Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Memulai Bisnis Kosmetik

31 January 2023 | 19:42 WIB
Artikel oleh : Powerpack

Source : Pexels

Tampil segar dan cantik sudah menjadi lifestyle masyarakat di Indonesia. Tidak heran jika permintaan berbagai jenis produk kecantikan, salah satunya seperti kosmetik kian meningkat. Produk kosmetik merupakan bahan yang dipakai pada bagian luar tubuh (kulit, rambut, dan bibir) yang bertujuan untuk membersihkan, mengharumkan, serta memperbaiki penampilan. 

Saat ini Produk Kosmetik memang lagi naik daun, masyarakat mulai sadar untuk memulai merawat penampilan agar terlihat cantik dan fresh. Hal ini menyebabkan banyaknya permintaan produksi kosmetik pun melonjak. Oleh sebab itu, hal ini mengakibatkan banyak orang yang terbesit untuk menciptakan produk kosmetik brand sendiri. 

Sebagai pemula dalam membuat brand produk kosmetik sendiri, kita pasti masih minim pengetahuan secara detail tentang produk kosmetik, mulai dari bahan-bahan nya hingga cara memproduksi produk nya. Berikut hal-hal yang harus kamu perhatikan sebelum memulai bisnis kosmetik. Simak selengkapnya di bawah ini, ya!

Kebutuhan Market

Kamu dapat mempelajari permintaan dari marketplace tentang trend dan kebutuhan kosmetik pada saat ini, karena dari sini kamu dapat menentukan jenis produk apa yang akan diproduksi tentunya yang berkualitas dan bermanfaat bagi masyarakat. Menentukan jenis produk yang akan anda produksi merupakan hal yang penting untuk dilakukan agar bisnis kamu dapat lebih meningkat dan berkembang.

Bahan Produksi

Sebelum memulai, kamu perlu mengetahui bahan yang akan digunakan untuk memproduksi produk kamu. Perhatikan bahan yang boleh atau tidak boleh digunakan untuk produk kosmetik, penggunaan bahan yang sesuai kebutuhan, takaran bahan yang pas, dan pencampuran bahan yang aman agar dapat mendapatkan hasil maksimal yang menjadikan produk kamu berkualitas dan tidak membahayakan konsumen saat sudah di gunakan dalam jangka waktu yang panjang.

Menyiapkan Brand

Selanjutnya, kamu perlu menyiapkan nama merek atau produk yang unik, mudah diingat dan diucapkan konsumen, serta memiliki sebuah arti. Sebelum itu pastikan terlebih dahulu bahwa nama brand yang kamu pilih belum ada yang menggunakan nama tersebut agar tidak terjadi kesalahpahaman dan keributan dengan pemilik brand yang lain.

Promosi

Untuk menciptakan market, kamu membutuhkan media sosial untuk menjangkau target pasaran yang lebih luas. Kamu dapat mengunggah produk dan mempromosikan agar dapat lebih dikenal masyarakat. Kamu juga dapat melakukan sharing tentang kondisi muka dengan konsumen dan dapat menjadi salah satu jawaban atau produk yang dicari konsumen untuk mengatasi keluhan tersebut. Dengan cara rajin posting produk kamu di media sosial dan ceritakan produk kamu dengan menarik agar menciptakan rasa penasaran konsumen. Kamu juga perlu memposting testimoni dari konsumen yang sudah memiliki pengalaman menggunakan produk kamu agar lebih terpercaya dan mempunyai minat untuk membeli produk kamu. Kamu juga dapat menggunakan jasa endorse influencer agar produk kamu lebih dikenal masyarakat.

Kemasan

Pentingnya sebuah produk kecantikan adalah kemasan. Kamu perlu membuat kemasan yang unik dan menarik namun tetap dapat menjaga kualitas produk agar tetap terjaga hingga sampai ke tangan konsumen. Agar produk kosmetik yang dikirimkan tetap aman selama pengiriman, kamu perlu memberikan perlindungan berlapis seperti wadah produk, kardus kemasan, bubble wrap, dan sebagainya.

Untuk mengamankan kemasan produk kosmetik, kamu dapat menggunakan Mesin Shrink. Sering kita temui produk-produk seperti buku, sabun, skincare, cairan pembersih, dan sebagainya memiliki kemasan plastik luar bening dan tipis yang berfungsi untuk membungkus produk agar tidak kotor, tidak basah dan dapat juga sebagai penyegel produk. Untuk dapat membuat kemasan pembungkus produk tersebut dibutuhkan Mesin Shrink.

Mesin Shrink BSD-4525W dari POWERPACK merupakan mesin pengemasan yang memperkenalkan metode penyusutan plastik kemasan produk. Mesin Shrink BSD-4525W akan memanaskan plastik film hingga menyusut mengikuti pola bentuk produk yang dikemas. Sehingga, produk yang dikemas akan lebih aman, anti air, anti debu, dan lebih aesthetic. Mesin Shrink BSD-4525W memiliki cara kerja dengan memberikan suhu panas pada plastik pembungkus, agar plastik lentur dan menyusut sehingga plastik dapat membungkus produk dengan mengikuti bentuk dan pola produk. Cara menyusutkan plastik pembungkus dengan menggunakan teknologi elemen pemanas. Suhu panas pada mesin ini dapat diatur sesuai dengan karakteristik plastik pembungkus sehingga tidak akan menyebabkan plastik meleleh.

Adapun plastik pembungkus yang digunakan haruslah jenis plastik PVC, POF dan PE. Karena jenis plastik ini memiliki sifat yang dapat menyusut dan tidak mudah meleleh. Masing-masing jenis plastik ini memiliki kelebihan yang harus disesuaikan pada produk yang akan dibungkus. Mesin Shrink BSD-4525W juga banyak dimanfaatkan oleh industri besar seperti industri minuman, makanan, shampo, cairan kebersihan, dan lain-lain karena Mesin Shrink BSD-4525W ini mampu membungkus produk baik dalam jumlah satuan maupun banyak. Dengan dilengkapi terowongan (tunnel) dan conveyor, Mesin Shrink BSD-4525W dapat memberikan output yang efektif dan efisien.

Spesifikasi : 

Voltase : 220 V atau 380 V / 50 Hz

Daya : 9,5 KW (Adjustable)

Tipe Konveyor : ROAD

Kecepatan Konveyor : 0-15 meter/menit

Kapasitas Konveyor : 25 Kg

Ukuran Produk Shrink Max. : 40 x 21 Cm

Dimensi Tunnel : 120 x 45 x 25 Cm

Berat : 130 Kg

Dimensi Mesin : 182 x 76,6 x 153 Cm

Untuk informasi lebih detail silahkan cek video berikut ini, ya!


 

Sumber : 

https://blog.unnes.ac.id/haryasidik/hal-yang-harus-diperhatikan-sebelum-memulai-bisnis-kosmetik/ 

 

Hai! Selamat datang di website POWERPACK!

Pomin siap membantu Anda. Jangan ragu untuk memberi tahu Pomin kebutuhan kamu.

Hello! What can I do for you?
×
Hubungi Kami