Fungsi Kemasan pada Produk yang Harus Diketahui oleh Pemilik Usaha

14 July 2022 | 09:46 WIB
Artikel oleh : Powerpack

Source : Pexels

Ada banyak cara yang dapat kamu lakukan sebagai pengusaha dalam memasarkan produk agar semakin dikenal luas. Salah satunya dengan memanfaatkan kemasan produk. Meski sebenarnya terlihat sederhana, peran dan fungsi kemasan produk ternyata sangat penting bagi bisnis kamu. Hal pertama yang dilihat oleh konsumen sebelum menilai isi produk adalah kemasan. Berikut ini fungsi kemasan produk yang perlu diketahui oleh para pemilik usaha. Cari tahu selengkapnya di bawah ini, ya!

1. Sebagai Identitas Brand

Salah satu fungsi kemasan produk adalah sebagai identitas dari sebuah brand. Kemasan menjadi fokus pertama yang dilihat oleh konsumen. Melalui kemasan, konsumen dapat membedakan brand kamu dengan brand lainnya. Kemasan dapat menjadi identitas brand karena dalam sebuah kemasan terdapat warna, ukuran, bentuk, hingga font. Unsur-unsur tersebut yang membuat brand kamu terlihat berbeda dari brand lain. Kemasan dapat menjadi sarana komunikasi brand kamu kepada konsumen.

 

Kamu juga dapat memberikan label pada kemasan sebagai identitas terkait nama brand. Untuk kemasan produk minuman dengan menggunakan kemasan botol, kamu dapat menggunakan Mesin Labeling Botol MT-50 dari POWERPACK. Mesin ini berfungsi untuk menempelkan label pada botol produk dengan sistem semi automatic. Dengan mesin ini kamu akan dimudahkan dalam proses penempelan label pada kemasan produk kamu. 

MT-50

Spesifikasi Produk

Voltase : 220 V / 50 Hz

Daya : 120 Watt

Tipe : Semi - Automatic

Kecepatan Labelling : 25 - 40 pcs/menit

Akurasi Labelling : 10,5 mm

Diameter Roller Dalam : 7,4 cm

Diameter Roller Luar : 27,5 cm

Ukuran Botol : Diameter 2 - 12 cm

Ukuran Panjang Label : 2,5 - 24 cm

Ukuran Lebar Label : 2,6 - 15 cm

Berat : 25 Kg

Dimensi : 65 x 45 x 45 cm

 

Untuk informasi lebih detail silahkan cek video di bawah ini, ya!

 

2. Perlindungan

Fungsi pertama dan terpenting dari kemasan adalah perlindungan. Fungsi kemasan produk yang terpenting adalah menjaga produk tetap aman dan terlindungi dari lingkungan luar yang dapat mengurangi kualitas produk. Penggunaan kemasan sangat membantu dalam melindungi isi produk. Dengan kemasan, produk tak hanya terhindar dari kerusakan bila terjatuh, tetapi juga terhindari dari debu, bakteri, dan kontaminasi lainnya.

3. Memudahkan Pendistribusian

Sebagai pengusaha, kamu tentu tidak dapat berjalan sendiri untuk menyalurkan dan memasarkan produk hingga sampai ke tangan pelanggan. Maka, untuk proses ini dibutuhkan pihak lain atau distribusi. Pada saat barang berada di distribusi, produk akan diperiksa secara teliti sebelum disalurkan kembali ke toko-toko, reseller, dropshipper, hingga konsumen langsung. 

Apabila produk dikemas dengan baik, hal ini akan berdampak pada kecepatan pendistribusian barang dan meningkatkan efisiensinya. Dengan kata lain, kemasan harus mudah dibawa, diangkat, dan ditata kembali, baik ketika berada di gudang, proses pendistribusian, hingga sampai ke tangan penerima atau pelanggan.

 

Untuk dapat memudahkan proses pendistribusian dengan produk bundle, kamu dapat menggunakan Mesin Shrink Tunnel BS-G4525 dari POWERPACK. Mesin Pengemasan Shrink adalah mesin pengemasan yang memperkenalkan metode penyusutan plastik kemasan produk. Mesin Shrink akan memanaskan plastik film hingga menyusut mengikuti pola bentuk produk yang dikemas. Produk yang dikemas dengan mesin ini akan lebih aman, anti air, dan debu. Mesin Shrink ini juga banyak dimanfaatkan oleh industri besar seperti industri minuman, makanan, shampo, cairan pembersih, dan sebagainya karena mesin ini dapat membungkus produk baik dalam jumlah satuan maupun banyak. Dengan dilengkapi terowongan (tunnel) dam konveyor, Mesin BS-G4525 dapat memberikan output yang efektif dan efisien.

BS-G4525

Spesifikasi Produk

Voltase : 220 V atau 380 V / 50 Hz

Daya : 7 KW (Adjustable)

Tipe Konveyor : ROAD

Kecepatan Konveyor : 0-10 meter/menit

Kapasitas Konveyor : 5 Kg

Ukuran Produk Kemasan : Max. 45 x 25 Cm

Dimensi Tunnel : 90 x 45 x (5-25) Cm

Berat : 80 Kg

Dimensi Mesin : 130 x 70 x 100 Cm

 

Untuk informasi lebih detail silahkan cek video di bawah ini, ya!

 

4. Sebagai Media Promosi

Sebagus apapun kualitas produk kamu, hal tersebut akan sia-sia jika tidak ada orang yang mengetahuinya. Promosi berperan besar dalam mengenalkan produk kamu. Salah satu fungsi kemasan produk adalah sebagai media promosi. Sehingga, kemasan perlu dirancang semenarik mungkin. Jika sebelumnya konsumen belum mengenal produk kamu, namun dengan kamu mengemas dalam kemasan unik, maka mereka pun akan tertarik untuk mencoba membeli. Dari sini, pelanggan akan mengetahui kualitas produk kamu.

 

Sebagai media promosi, kamu perlu menggunakan kemasan yang saat ini sedang menjadi trend, seperti kemasan Popcan. Popcan merupakan kemasan produk minuman seperti kaleng tetapi bahan yang digunakan dapat menggunakan plastik dan memiliki penutup berbahan logam aluminium. Jika kamu ingin menggunakan kemasan Popcan untuk produk minuman, kamu dapat menggunakan Mesin Can Sealer CNS-M304S dari POWERPACK. Mesin ini berfungsi untuk menyegel botol plastik jenis PET dengan tutup kaleng atau can. Bukan hanya sekedar kemasan yang sedang viral, segel botol menggunakan can akan membuat kualitas produk lebih baik dibandingkan dengan segel plastik. Mesin CNS-M304S terbuat dari stainless steel terbaik sehingga mesin ini memiliki daya tahan lebih baik. Terdapat cover transparan pada mesin ini yang memiliki fungsi untuk menahan air agar tidak menciprat sisi mesin. Selain itu, cover penutup juga dapat meminimalisir jika terjadi kecelakaan saat prosesi segel.

 

Untuk informasi lebih detail silahkan cek video di bawah ini, ya!

 

5. Memberikan informasi

Fungsi kemasan produk juga dapat menjadi sarana untuk memberikan informasi kepada konsumen mengenai produk tersebut. Kamu sebagai seorang pengusaha atau pemilik usaha perlu menjelaskan secara detail tentang produk yang akan dijual dengan mencantumkan informasi pada kemasan. Misalnya mengenai komposisi produk, berat bersih, tanggal kadaluarsa, dan informasi lainnya yang terkait dengan produk. Untuk produk khusus seperti obat-obatan, penting untuk dicantumkan informasi seperti penyajian, resep, efek samping, hingga izin resmi dari lembaga resmi negara yang menangani sertifikasi produk seperti MUI, BPOM, dan lain sebagainya. Dengan begitu, pelanggan lebih merasa aman dan nyaman menggunakan produk tersebut. 

 

Untuk memberikan informasi seperti tanggal kadaluarsa, nomor pendaftaran, dan kode produksi di kemasan, kamu dapat menggunakan Mesin Pad Printing DDYM-520 dari POWERPACK. Mesin ini cocok untuk mencetak kode atau simbol seperti tanggal pembuatan, kumpulan nomor pada berbagai jenis logam, gelas dan bahan plastik, yang dapat diterapkan dalam makanan, minuman, kosmetik dan lain-lain.

DDYM-520

Spesifikasi Produk

Voltase : 240 V / 50 Hz

Daya : 100 Watt

Model Lempengan Tinta : Kotak (Tanpa Tabung Tinta)

Kecepatan Cetak Kode : 20 - 60 times/menit

Area Cetak : < 1,5 x 5 cm

Tinggi Area Cetak : 35 cm

Berat : 40 Kg

Dimensi : 60 x 38 x 61 cm

 

Untuk informasi lebih detail silahkan cek video dibawah ini, ya!

 

Sumber :

https://hot.liputan6.com/read/4624387/14-fungsi-kemasan-produk-produsen-perlu-pahami-jenis-dan-syaratnya 

https://www.idntimes.com/business/economy/vanny-rahman/8-fungsi-kemasan-produk-yang-harus-diketahui-pengusaha-biar-laris?page=all 

 

Hai! Selamat datang di website POWERPACK!

Pomin siap membantu Anda. Jangan ragu untuk memberi tahu Pomin kebutuhan kamu.

Hello! What can I do for you?
×
Hubungi Kami