Alat yang Dapat Mengamankan Produk saat Proses Pengiriman

26 May 2023 | 18:55 WIB
Artikel oleh : Powerpack

Source : Pexels

Pada dasarnya, kemasan produk adalah salah satu hal yang sangat penting dan juga tidak bisa dipisahkan dari proses pemasaran dan distribusi pada suatu produk. Lantas, apa sebenarnya pengertian dari kemasan produk? dan apa tujuan, manfaat, dan jenis-jenis kemasan?

Pengemasan memiliki arti suatu sistem yang telah terkoordinasi dalam hal menyiapkan barang untuk disalurkan, pergudangan, logistik, pengguna akhir dan penjualan. Artinya, pengemasan adalah suatu bentuk kegiatan untuk memberi wadah atau pembungkus suatu produk.

Dalam proses pelaksanaannya, terdapat kegiatan melindungi, mengawetkan, mengangkut, memberikan informasi dan menjual suatu produk. Untuk itu, tujuan utama dari memberikan kemasan pada produk adalah guna melindungi dan juga mencegah adanya kerusakan atas produk yang dijual. Selain itu, kemasan juga berguna sebagai sarana informasi dan juga pemasaran yang baik dengan membuat suatu desain kemasan yang kreatif, sehingga akan terlihat lebih menarik dan mudah diingat oleh konsumen atau pelanggan.

1. Hand Strapping

Salah satu cara untuk menjaga kualitas produk adalah dengan memperhatikan proses pengiriman barang. Untuk meminimalisir kerusakan pada produk selama perjalanan dapat diatasi dengan penggunaan mesin strapping. Mesin Hand Strapping memiliki ikatan yang kuat sehingga produk kamu akan tetap terikat dengan aman. Mesin Hand Strapping memiliki fungsi untuk merekatkan kemasan suatu produk. Mesin Hand Strapping akan merekatkan kedua ujung tali untuk digabungkan satu sama lain. Mesin Hand Strapping umumnya digunakan untuk membungkus kemasan karton, dus, dan produk lain yang berukuran besar. Biasanya tali strapping terbuat dari bahan plastik PP atau tali besi.

Hand Strapping Tool HB-810 dari POWERPACK digunakan untuk mempermudah kamu dalam mengemas produk dengan kualitas terbaik. Dimana pengemasan dengan menggunakan Hand Strapping Tool HB-810 akan terlihat lebih rapi, lebih professional, dan lebih kuat terutama menjaga produk kemasan tetap aman terhadap guncangan. Selain itu pengemasan produk dengan Hand Strapping Tool HB-810 akan membantu meningkatkan kualitas branding produk kamu di mata konsumen. Adapun bahan kemasan yang dapat digunakan pada Hand Strapping Tool HB-810 ini adalah pallet, peti, kardus, kaleng, box, besi, bata, kayu, dan lainnya. Hand Strapping Tool HB-810 juga sangat awet dan tahan lama sehingga bisa membuat penggunaan lebih tahan lama.

Spesifikasi : 

Lebar Strap. : 9 - 19 mm

Ketebalan Strap. : 0.3 - 0.8 mm

Dimensi : 360 x 107 x 87 mm

Berat : 2.2 kg

2. Mesin Shrink

Sering kita temui produk-produk seperti buku, majalah, kotak makanan, dll yang memiliki kemasan plastik luar bening dan tipis yang berfungsi untuk membungkus produk supaya tidak kotor, tidak basah dan juga sebagai penyegel produk. Untuk dapat membuat kemasan pembungkus produk tersebut dibutuhkan mesin shrink.

Mesin Shrink adalah mesin pengemasan yang memperkenalkan metode penyusutan plastik kemasan produk. Mesin Shrink akan memanaskan plastik film hingga menyusut mengikuti pola bentuk produk yang dikemas. Alhasil, produk yang dikemas akan lebih aman, anti air, anti debu, dan lebih aesthetic. Salah satu Mesin Shrink yang berkualitas adalah Mesin Thermal Shrink BSD-350B dari POWERPACK. Mesin Thermal Shrink BSD-350B memiliki cara kerja dengan memberikan suhu panas pada plastik pembungkus, agar plastik lentur dan menyusut sehingga plastik dapat membungkus produk dengan mengikuti bentuk dan pola produk. Cara menyusutkan plastik pembungkus dengan menggunakan teknologi elemen pemanas. Suhu panas pada Mesin Thermal Shrink BSD-350B ini dapat diatur sesuai dengan karakteristik plastik pembungkus sehingga tidak akan menyebabkan plastik meleleh.

Adapun plastik pembungkus yang digunakan haruslah jenis plastik PVC, POF dan PE karena jenis plastik ini memiliki sifat dapat menyusut dan tidak mudah meleleh. Masing-masing jenis plastik ini memiliki kelebihan yang harus disesuaikan pada produk yang akan dibungkus. Mesin Thermal Shrink BSD-350B juga banyak dimanfaatkan oleh industri besar seperti industri minuman, makanan, shampo, cairan kebersihan, dll karena mesin ini mampu membungkus produk baik dalam jumlah satuan maupun banyak. Mesin Thermal Shrink BSD-350B dilengkapi dengan terowongan (tunnel) dan conveyor, Mesin Thermal Shrink BSD-350B dapat memberikan output yang efektif dan efisien.

Spesifikasi : 

Voltase : 220 V atau 380 V / 50 Hz

Daya : 6.5 KW (Adjustable)

Tipe Konveyor : ROAD

Kecepatan Konveyor : 0-10 meter/menit

Kapasitas Konveyor : 5 Kg

Pack Size : 30 x 10 Cm

Dimensi Tunnel : 83 x 35 x 15 Cm

Berat Mesin : 75 Kg

Dimensi Mesin : 105 x 55 x 110 Cm

Untuk informasi lebih detail silahkan cek video di bawah ini, ya!

 

3. Carton Sealer

Salah satu faktor yang dapat mempengaruhi kepuasan konsumen adalah kemasan, sehingga produk perlu dikemas dengan rapi dan dapat menjaga produk dengan baik. Untuk memudahkan dalam proses pengemasan dengan cepat, mudah, dan hemat tenaga, kamu dapat menggunakan mesin untuk mempermudah proses pengemasan seperti kemasan Carton atau kardus, karena proses pengemasan karton lebih melelahkan karena membutuhkan proses melipat, membentuk, dan menyegel karton, sehingga menjadi sebuah kotak.

Namun, kini tidak perlu khawatir lagi karena POWERPACK menghadirkan Mesin Carton Erector & Bottom Sealer CES-4035N/A. Mesin Carton Erector & Bottom Sealer CES-4035N/A merupakan mesin yang berfungsi untuk membentuk karton menjadi kotak yang siap digunakan atau diisi dengan produk yang akan dikemas agar rapi dan memudahkan saat proses pendistribusian produk.

Mesin Carton Erector & Bottom Sealer CES-4035N/A sangat mudah untuk digunakan karena cara kerja mesin ini cukup sederhana. Hanya mengoperasikan mesin dengan menekan tombol, mesin ini akan bekerja secara otomatis, sehingga kamu hanya perlu meletakkan beberapa karton yang belum dilipat pada tempat yang sudah disediakan. Kemudian, karton tersebut akan dibentuk oleh mesin dan secara otomatis akan direkat dengan perekat pada bagian bawah, lalu karton yang tadi dimasukan akan siap untuk digunakan.

Spesifikasi : 

Batas Penyegelan : (L) 200-500 x (W) 200-400 x (H) 150-350 mm, L+W <900mm, 1/2W+H <550mm

Produksi : 6 - 10 Cartons/min

Lebar Pita : 50 mm / 60 mm

Bagian atas rol : 650 mm

Berat Mesin : 600 Kg

Berat Kemasan : 640 Kg

Dimensi : 2020 x 2080 x 1396 mm

Itulah beberapa mesin atau alat yang dapat membantu kamu dalam mengamankan produk saat proses pengiriman. Menjaga produk agar tetap berkualitas dan aman sangat perlu diperhatikan, karena hal ini dapat menjadi salah satu pertimbangan konsumen untuk melakukan pembelian ulang pada produk kamu.

Jika kamu membutuhkan mesin pengemas lainnya, masih banyak juga variasi mesin pengemas sejenis yang cocok untuk berbagai jenis usaha. Untuk informasi mesin pengemas yang dibutuhkan lebih detailnya silahkan kunjungi website POWERPACK di www.powerpack.co.id/produk

 

Hai! Selamat datang di website POWERPACK!

Pomin siap membantu Anda. Jangan ragu untuk memberi tahu Pomin kebutuhan kamu.

Hello! What can I do for you?
×
Hubungi Kami