Wajib Tahu! Rahasia Makanan Lebih Tahan Lama

02 November 2021 | 15:22 WIB
Artikel oleh : Powerpack

Vacuum Sealer

Makanan atau bahan makanan yang kita beli biasanya akan cepat kedaluwarsa, terutama jika disimpan pada tempat yang tidak seharusnya. Masalah kedaluwarsa terjadi lebih cepat karena proses oksidasi mempercepat berkembangnya bakteri dan jamur pada makanan. Proses kedaluwarsa ini dapat ditahan dengan cara menghilangkan oksigen atau memvakum kemasan menggunakan vacuum sealer.

 

Apa itu vacuum sealer?

 

Vacuum Sealer adalah mesin yang digunakan membuang oksigen dalam kemasan dan menyegel kemasan. Cara kerja mesin ini, pertama-tama mesin akan membuang oksigen yang terdapat pada kemasan, jika tidak terdapat oksigen dalam kemasan mesin akan menyegel plastik. Tetapi, mesin ini dapat hanya dapat digunakan menyegel kemasan yang berbahan plastik.

 

Saat ini belum banyak yang memiliki mesin vacuum sealer di rumah. Beberapa orang beranggapan bahwa mesin vakum kurang bermanfaat untuk rumah tangga. Kenyataannya, mesin vakum memiliki banyak manfaat seperti menahan proses pembusukan pada makanan sehingga membuat makanan lebih tahan lama, membuat ruang simpan lebih luas, dan menjaga cita rasa makanan saat disimpan

 

Vacuum sealer tidak hanya dapat digunakan untuk makanan kering saja, ada beberapa mesin vacuum yang dapat digunakan untuk makanan basah juga. Memvakum makanan akan membuat makanan lebih tahan lama. Proses ini disebabkan karena mesin akan membuang semua oksigen yang terdapat pada kantung. Hilangnya oksigen pada kemasan akan menghambat perkembangan jamur dan bakteri sehingga dapat memperpanjang umur makanan.

 

Selain itu, masih banyak manfaat dari melakukan vakum pada makan, yuk simak ulasan berikut ini

 

Vacuum Sealer DZ-290A

 

1. Makanan lebih tahan lama

Memvakum makanan akan membuat makanan lebih tahan lama. Hal ini disebabkan karena oksigen yang terdapat dalam kemasan dikeluarkan, sehingga bakteri dan jamur terhambat perkembangannya. 

 

Makanan yang divakum juga akan lebih higienis karena bakteri dari luar kemasan tidak dapat memasuki kemasan. Makanan yang divakum juga akan terlihat rapi karena kemasan akan menyesuaikan bentuknya dengan makanan.

 

2. Lebih hemat

Kamu dapat menggunakan mesin ini untuk membungkus makanan yang tidak habis. Ketika kamu memiliki mesin ini, kamu tidak perlu khawatir jika membeli atau membuat makanan tetapi porsi yang disajikan terlalu banyak. Dalam situasi tersebut, kamu dapat menggunakan mesin ini dan menyimpan makanan di dalam kulkas.

 

Mesin vakum tidak hanya dapat digunakan untuk makanan, kamu juga dapat menggunakan mesin ini untuk bumbu dapur atau sebagainya. Selain itu, untuk kamu tipe orang yang suka membeli banyak barang di awal bulan dan kamu akan membagi sesuai kebutuhan, kamu wajib memiliki mesin ini agar bahan-bahan tersebut tidak mudah kedaluwarsa atau berubah rasanya.

 

3. Tidak memakan tempat

Proses vakum menghilangkan udara pada kantong sehingga memudahkan kita untuk menyusun dan menyimpan makanan lebih rapi dan lebih banyak.

 

4. Dapat dibawa dengan mudah

Saat sedang berlibur bersama keluarga ke luar kota, tidak sedikit yang membawa makanan dari rumah. Tapi banyak juga yang merasa jika membawa makanan dari rumah akan menyulitkan tempat, belum lagi kalau tumpah akan menyusahkan semua orang.

 

Memvakum makanan saat bepergian akan memudahkan kalian membawa makanan dan tidak perlu takut bakteri mencemari makanan saat diperjalanan. Kalian dapat menyimpan makanan tersebut di tas atau kotak makan tanpa khawatir lagi.

 

Vacuum Sealer DZ-280A

 

Saat kalian memvakum makanan, alangkah baiknya kalian tetap menuliskan tanggal kalian memvakum makanan tersebut, agar memudahkan kalian menentukan kapan makanan ini sebaiknya dibuang. Tips tambahan: makanan sebaiknya dibersihkan terlebih dahulu sebelum divakum untuk mencegah pembusukan karena bakteri dari dalam makanan.

 

Hai! Selamat datang di website POWERPACK!

Pomin siap membantu Anda. Jangan ragu untuk memberi tahu Pomin kebutuhan kamu.

Hello! What can I do for you?
×
Hubungi Kami