TIPS MERAWAT VACUUM SEALER

18 October 2022 | 11:06 WIB
Artikel oleh : Powerpack

DZ-280SE

Vacuum sealer adalah metode pengemasan dengan menghilangkan udara dari kemasan sebelum penyegelan kemasan plastik. Pengepakan hampa udara (vakum)dengan cara mengeluarkan udara dari kemasan bertujuan untuk memperpanjang umur simpan makanan, menjaga kesegaran rasa dan aroma makanan, dengan bentuk kemasan yang ramping setelah di vakum dapat mengurangi volume kemasan pada saat penyusunan kedalam kotak

Setelah udara sudah dikeluarkan, mesin ini secara otomatis akan menyegel kemasan plastik sehingga udara tidak kembali masuk. Mesin vakum sealer banyak digunakan pada produk kemasan makanan basah seperti daging mentah, sosis, bakso, siomay, nugget, rendang, bumbu-bumbu dan lainnya.Karena dengan mengeluarkan udara dari kemasan dapat menghambat pertumbuhan bakteri sehingga produk makanan yang sudah dikemas menggunakan mesin ini dapat bertahan lebih lama. Umumnya bahan-bahan makanan yang sudah menggunakan metode pengemasan ini adalah produk-produk yang kemasan plastiknya sangat kencang dan ketat. 

Jenis plastik yang digunakan haruslah plastik dengan jenis tertentu yakni plastik yang terbuat dari bahan LDPE dan nylon yang sudah dilaminasi menjadi kemasan kantong plastik atau biasa disebut plastik nylon. Menggunakan plastik selain jenis ini tidak akan berfungsi sempurna, karena plastik biasa setelah di vakum, umumnya keesokan hari udara akan kembali masuk kedalam kemasan plastik biasa.

Mesin vakum sealer juga dapat digunakan untuk menyimpan makanan kering dalam jangka waktu yang panjang, seperti beras, sereal, kacang, keju, teh, kopi, dll.

Untuk produk-produk makanan mudah hancur saat proses pengepakan vakum (seperti keripik, camilan), alternatif metode pengemasan dalam vakum udara adalah kemasan produk di isi gas nitrogen setelah proses mengeluarkan udara selesai. Setelah gas nitrogen selesai mengisi kemudian kemasan di segel. Mesin vakum yang digunakan sama dengan mesin vakum umumnya, hanya mesin sudah dilengkapi dengan pengisi gas nitrogen (Gas Fill).

Ternyata, cara merawat vacuum sealer agar awet dan tahan lama sama sekali tidak susah. Kamu cukup mengikuti beberapa langkah dibawah ini, antara lain :

1. Bersihkan mesin vacuum sealer

Agar mesin selalu awet dan kualitas mesin tetap terjaga, kamu perlu melakukan pembersihan pada mesin vakum. Untuk membersihkan mesin vakum sealer agar tidak mudah tersetrum, matikan dulu dan cabut kabel mesin dari stop kontaknya. Setelah itu, kamu dapat membersihkan kotoran yang menempel pada segel ataupun permukaan mesin.

2. Aturan pemakaian

Untuk menjaga agar mesin aman dan tidak cepat rusak, Ikuti saja instruksi pemakaian yang sudah ditetapkan dalam buku panduan pemakaian mesin. Misalnya: bila tertera kurang-lebih delapan jam dan satu jam waktu istirahat. Harap mengikuti anjuran tersebut.

3. Gantilah oli mesin

Hal ini dilakukan untuk merawat mesin agar tidak mudah rusak. Disarankan untuk memberikan oli mesin minimal sebulan sekali. Namun, jika kamu sering memakai mesin vakum, ada kemungkinan kamu perlu menggantinya lebih sering.

4. Kondisi mesin rusak

Bila mesin vacuum sealer dalam keadaan rusak, seperti sudah berlubang, terbakar, dan rusak, untuk menghindari kecelakaan saat pemakaian mesin, gunakan kain teflon untuk menyentuh mesin agar aman. Jika pemanas atau nikli sudah terlanjur rusak, gantilah dengan segera. Bila karet chamber sudah kendor, berlubang, atau rusak, kamu juga harus menggantinya dengan segera.

5. Jauhkan dari jangkauan tangan anak-anak

Anak-anak masih memiliki hobi untuk mengutak-atik yang bukan mainan mereka. Jika mesin yang kurang terawat dan panas dapat sewaktu-waktu meledak dan mencederai anak-anak.

 

Nah, itulah beberapa tips merawat mesin vakum sealer agar awet dan tahan lama.

 

Untuk kamu yang sedang mencari mesin vakum sealer, kamu dapat menggunakan Household Vacuum Sealer DZ-280SE dari POWERPACK. Mesin Household Vacuum Sealer DZ-280SE adalah mesin/alat yang membantu proses menyegel kemasan dengan menggunakan metode menyedot keluar udara pada kemasan produk, saat kemasan sudah bebas udara, mesin ini akan menyegel kemasan plastik sehingga udara tidak lagi masuk ke dalam kemasan. Dengan menghampakan udara yang ada di dalam kemasan plastik maka kualitas produk tetap terjaga, aman dan terhindar dari bakteri sehingga umur simpan produk dapat bertahan lama. Ketika makanan dikemas dalam ruang hampa dan disimpan di lemari es, makanan itu tetap segar dan memiliki nilai gizi. Household Vacuum Sealer DZ-280SE cocok digunakan di rumah tangga, pengusaha bakso, dan UMKM.

 

Household Vacuum Sealer DZ-280SE memiliki keunggulan untuk dapat memvakum segel kemasan yang mengandung produk basah dan kering, mesin ini mampu menampung air sisa vakum kemasan basah, sehingga pengguna tidak akan terbatas hanya pada produk kering saja. Household Vacuum Sealer DZ-280SE dirancang khusus untuk mempermudah kinerja Anda dalam memvakum kemasan baik kering maupun basah. Dilengkapi dengan selang dan tabung tambahan, pompa vakum dirancang dengan desain baru, tekanan vakum yang terbaru dapat memastikan makanan dapat disimpan dalam waktu jangka panjang, perangkat filter ditambahkan sehingga dapat menyedot debu dan cairan, kawat heater sangat mudah untuk diganti, Household Vacuum Sealer DZ-280SE menggunakan daya yang rendah dan mudah dioperasikan, serta sesuai dengan standar nasional, Household Vacuum Sealer DZ-280SE sudah memiliki standar kualitas dan awet.

DZ-280SE

SPESIFIKASI PRODUK:

Voltase : 220V / 50Hz

Daya : 150 Watt

Tipe : Manual Sealing Bar untuk Vakum Produk Kering dan Basah

Panjang Segel : 28cm

Tekanan Vakum : -0,070~-0,75 MPa

Waktu Segel : 1-9 Detik

Waktu Segel dan Vakum : 6-12 Detik

Berat : 2,2 Kg

Dimensi : 35 x 14 x 7 cm

Untuk informasi lebih detail silahkan cek video di bawah ini, ya!

 



 

Hai! Selamat datang di website POWERPACK!

Pomin siap membantu Anda. Jangan ragu untuk memberi tahu Pomin kebutuhan kamu.

Hello! What can I do for you?
×
Hubungi Kami