Rekomendasi Mesin yang Cocok untuk Produksi di Pabrik

20 October 2023 | 10:13 WIB
Artikel oleh : Powerpack

Source : Pexels

Mengawali usaha pabrik rupanya tidak harus mengeluarkan modal ratusan juta. Hal ini tergantung pada model bisnis yang dipilih dan dijalankan. Walaupun membutuhkan modal yang tidak besar, namun keuntungan yang dapat diperoleh dari usaha pabrikan sangat menggiurkan. Prospek usaha yang menjanjikan tentu akan semakin membuat kamu bersemangat dalam menggeluti bisnis ini.

Dalam produksi pabrik tentunya akan memproduksi produk dalam jumlah yang besar. Sehingga produksi dalam skala pabrik membutuhkan tenaga, waktu, dan biaya yang lebih banyak pula. Untuk membantu proses produksi dalam jumlah banyak tersebut, tentunya membutuhkan waktu dan tenaga lebih banyak sehingga memerlukan mesin untuk membantu agar lebih mudah dan cepat dalam proses produksi. 

Mesin produksi adalah mesin yang digunakan untuk memproduksi barang dalam skala besar. Biasanya mesin produksi dapat digunakan dalam berbagai jenis industri, seperti industri makanan, farmasi, otomotif, dan lain-lain. Jenis mesin produksi dapat berupa mesin yang otomatis atau mesin yang memerlukan operator untuk mengoperasikannya. Mesin otomatis biasanya diprogram untuk melakukan tugas-tugas produksi secara otomatis, sedangkan mesin yang memerlukan operator harus dioperasikan oleh seseorang. Berikut ini beberapa rekomendasi mesin dari POWERPACK yang cocok digunakan untuk produksi berskala pabrik. Simak selengkapnya di bawah ini, ya!

1. Conveyor

Untuk memindahkan barang dari satu tempat ke tempat yang lain, kamu dapat menggunakan roller atau belt yang disusun sejajar. Dengan menggunakan conveyor dapat meningkatkan produktivitas industri pada lini packaging menjadi lebih efisien dan efektif. Conveyor dapat menghemat biaya dan mengurangi waktu proses distribusi barang. Conveyor menggantikan pekerjaan manusia yang dilakukan secara manual terus-menerus menjadi otomatis dalam waktu yang singkat.

Produk atau material yang dipindahkan harus memiliki permukaan yang solid sehingga dapat meluncur di atas permukaan conveyor. Conveyor sangat sesuai digunakan untuk memindahkan produk yang telah dikemas dalam kardus. Berbagai macam jenis industri menggunakan roller conveyor untuk mempermudah proses produksinya. POWERPACK menghadirkan Flexible Conveyor 4M (With Plastic Wheel) ERC-4M.

Flexible Conveyor 4M (With Plastic Wheel) ERC-4M merupakan salah satu jenis conveyor yang mampu meluncurkan atau memindahkan barang yang diletakan pada permukaan roll conveyor ketika roll conveyor tersebut berotasi. Flexible Conveyor 4M (With Plastic Wheel) ERC-4M dilengkapi dengan desain roller yang flexible sehingga mudah digerakkan atau diarahkan sesuai keinginan saat akan digunakan.

Dengan menggunakan Flexible Conveyor 4M (With Plastic Wheel) ERC-4M, proses memindahkan barang dari satu tempat ke tempat yang lain menggunakan roller-roller yang disusun sejajar menjadi lebih mudah dan cepat. Selain fungsi tersebut, menggunakan Flexible Conveyor 4M (With Plastic Wheel) ERC-4M meningkatkan produktivitas industri pada lini packaging menjadi lebih efisien dan efektif. Flexible Conveyor 4M (With Plastic Wheel) ERC-4M dapat menghemat biaya dan mengurangi waktu proses distribusi barang. Power Flexible Conveyor 4M (With Plastic Wheel) ERC-4M menggantikan pekerjaan yang dilakukan secara manual terus-menerus menjadi otomatis dalam waktu yang singkat.

Spesifikasi : 

Panjang Sebelum Flexible 1.5 m

Panjang Setelah Flexible 1.5-4 m

Lebar Konveyor 550 mm

Tinggi Konveyor 650mm / 800mm (Optional)

Bahan Konveyor Plastik

Kapasitas Berat Max. : 20 Kg

Berat Konveyor 90 Kg

2. Strapping

Untuk kardus terluar, pilihlah yang memiliki kualitas yang bagus dan berbahan keras, agar kardus tidak mudah penyok dan sobek. Pastikan tidak ada celah dalam kardus kemasan karena jika terdapat celah dalam kemasan akan membuat produk bergerak-gerak dan tergoncang selama pengiriman. Kamu dapat menggunakan koran bekas atau styrofoam untuk mengisi celah tersebut. Usahakan untuk menggunakan kardus yang sesuai dengan ukuran kemasan produk asli untuk menghindari terlalu banyak celah kosong.

Sering kita temui kemasan kotak/kardus jebol dikarenakan kemasan tidak mampu menahan isi beban produk yang berat.Jika ini terjadi solusinya adalah menggunakan proteksi tambahan yaitu tali pengikat. Dengan tali pengikat ini, tali mampu menjaga dan mengeratkan produk dan kemasan sehingga kemasan tidak mudah jebol. Menggunakan tali ini juga dapat mengefisiensikan biaya penggunaan kotak yang tebal, karena dengan menggunakan kemasan kotak tipis namun ditambah pengikat tali, kemasan dan produk akan tetap terjaga.

Untuk memperkuat kardus, kamu dapat menggunakan Mesin Automatic Strapping WG-22XN dari POWERPACK. Mesin Automatic Strapping WG-22XN hadir dengan keunggulan seperti dapat menyegel, menahan, dan memperkuat kardus atau karton. Mesin Automatic Strapping WG-22XN memiliki fungsi untuk mengikat kardus, karton, dan lainnya. 

Spesifikasi : 

Voltase : 2200V 50Hz

Daya : 850 Watt

Strap Width : 6,8,9,10,12,12.7,15.5,18,19 mm

Strap Dispenser : Coil Core ID, 200,230,280,406 mm (adjustable coil width 190-230 mm)

Strapping Speed : 26 times/min

Package Size : Min. 100 mm W x 30 mm H

Arch Size : 850 x 600 mm

Sealing Method : Heat-Melt

Strapping Tension Strength : Min. 5 Kg, Max. 80 Kg

3. Carton Sealer

Untuk memudahkan dalam proses pengemasan dengan cepat, mudah, dan hemat tenaga, Kamu dapat menggunakan Mesin untuk mempermudah proses pengemasan seperti kemasan karton atau kardus, karena proses pengemasan karton lebih melelahkan karena membutuhkan proses melipat, membentuk, dan menyegel karton, sehingga menjadi sebuah kotak. 

POWERPACK memiliki berbagai mesin yang menjadi solusi untuk membantu kamu dalam menyegel kemasan kardus sehingga menjadi lebih mudah dan cepat, diantaranya seperti Mesin Carton Erector & Bottom Sealer CES-4035N/A. Mesin Carton Erector & Bottom Sealer CES-4035N/A merupakan mesin yang berfungsi untuk membentuk karton menjadi kotak yang siap digunakan atau diisi dengan produk yang akan dikemas agar rapi dan memudahkan saat proses pendistribusian produk.

Mesin Carton Erector & Bottom Sealer CES-4035N/A sangat mudah untuk digunakan karena cara kerja mesin ini cukup sederhana. Hanya mengoperasikan mesin dengan menekan tombol, mesin ini akan bekerja secara otomatis, sehingga kamu hanya perlu meletakkan beberapa karton yang belum dilipat pada tempat yang sudah disediakan. Kemudian, karton tersebut akan dibentuk oleh mesin dan secara otomatis akan direkat dengan perekat pada bagian bawah, lalu karton yang tadi dimasukan akan siap untuk digunakan.

Spesifikasi : 

Batas Penyegelan : (L) 200-500 x (W) 200-400 x (H) 150-350 mm, L+W <900mm, 1/2W+H <550mm

Produksi : 6 - 10 Cartons/min

Lebar Pita : 50 mm / 60 mm

Bagian atas rol : 650 mm

Berat Mesin : 600 Kg

Berat Kemasan : 640 Kg

Dimensi : 2020 x 2080 x 1396 mm

 

Jika kamu membutuhkan mesin pengemas lainnya, masih banyak juga variasi mesin pengemas sejenis yang cocok untuk berbagai jenis usaha. Untuk informasi mesin pengemas yang dibutuhkan lebih detailnya silahkan kunjungi website POWERPACK di www.powerpack.co.id/produk. Jangan lupa, Ada POWERPACK di setiap usaha kita!


 

Hai! Selamat datang di website POWERPACK!

Pomin siap membantu Anda. Jangan ragu untuk memberi tahu Pomin kebutuhan kamu.

Hello! What can I do for you?
×
Hubungi Kami