Pentingnya Desain Kemasan Sebuah Produk

22 July 2019 | 11:35 WIB
Artikel oleh : Powerpack Indonesia

(Foto: Kaboompics.com/Pexels)

Pentingnya kemasan untuk sebuah produk juga dipengaruhi oleh desain dari kemasan itu sendiri. Dengan desain yang unik dan kreatif dapat menjadikan produk tersebut mempunyai nilai lebih dari produk lainnya.

Kemasan yang dirancang dengan baik dapat membangun ekuitas merek dan mendorong penjualan. Kemasan adalah bagian pertama produk yang dihadapi pembeli dan mampu menarik atau menyingkirkan pembeli. Oleh karena itulah desain sebuah kemasan perlu diperhatikan betul, seperti bentuk, warna dan dekorasinya.

Dikutip dari e-journal.uajy.ac.id desain sebuah kemasan terdiri dari empat sub dimensi, yaitu: nama merek, warna, tipografi, dan gambar.

1. Nama Merek

Asosiasi Pemasaran Amerika mendefinisikan merek (brand) sebagai nama, istilah, tanda, simbol, atau rancangan, atau kombinasi dari semuanya, yang dimaksudkan untuk mengidentifikasikannya suatu produk dan membedakan dengan produk pesaing atau kompetitor.

 

2. Warna

Dilihat dari sisi pemasaran sebuah produk bahwa warna kemasan memiliki kemampuan untuk membangkitkan perasaan, perilaku emosi pada konsumen yang berbeda.

Warna memiliki potensi untuk menciptakan kesan yang mendalam dan tahan lama serta citra produk atau merek. Dalam kemasan produk, pemasar menggunakan warna untuk menarik perhatian konsumen yang dapat menciptakan perasaan positif atau negatif tentang produk/brand tertentu.

Warna kemasan dapat mengkomunikasikan, menggambarkan, dan menampilkan fitur-fitur yang menyolok mata serta atribut intangibel dari sebuah merek. Hal ini dengan demikian berarti bahwa warna membawa pesan khusus mengenai merek yang pada akhirnya menciptakan proposisi penjualan yang unik (unique selling proposistion).

(Foto: www.freepik.com)

 

3. Tipografi

Typography (Tipografi) merupakan suatu ilmu dalam memilih dan menata huruf dengan pengaturan penyebarannya pada ruang-ruang yang tersedia, untuk menciptakan kesan tertentu, sehingga dapat menolong pembaca untuk mendapatkan kenyamanan membaca semaksimal mungkin. Tipografi dapat juga dikatakan “visual language”.

 

4. Gambar

Gambar (image) pada kemasan meliputi foto, ilustrasi, simbol/icon, dan karakter. Secara khusus gambar berfungsi pula untuk menarik perhatian, memperjelas sajian ide, mengilustrasikan/menghiasi fakta yang mungkin cepat akan dilupakan atau diabaikan tidak digambarkan.

Menciptakan desain kemasan yang baik dapat mempengaruhi pembeli untuk membeli produk tersebut. Oleh karena itu penting untuk mendesain kemasan sehingga terlihat menarik.

Artikel Terbaru
Artikel Lainnya
@copyright Powerpack Indonesia 2019
SALES