Penting! Jangan Abaikan Tanggal Kedaluwarsa

07 October 2019 | 10:22 WIB
Artikel oleh : Powerpack

(Foto: consumerreports.org)

Tanggal kedaluwarsa merupakan informasi yang sangat penting pada produk kemasan terutama produk makanan atau minuman. Jika kita sering mengabaikan tanggal kedaluwarsa saat membeli makanan atau minuman kemasan ada baiknya perlu untuk dibiasakan memperhatikan informasi ini. Mengkonsumsi makanan atau minuman yang sudah melewati tanggal kedaluwarsa bisa menyebabkan gangguan penceranaan.

Dikutip dari kumparan.com, National Health Service (NHS) Inggris menyebutkan bahwa konsumsi makanan dan minuman yang melewati tanggal kedaluwarsa itu dilarang. Mereka melarang untuk mengkonsumsi makanan atau minuman yang melewati tanggal kedaluwarsa pada label, walaupun produk tersebut terlihat dan tercium masih segar. Apabila tetap dikonsumsi melewati tanggal kedaluwarsa maka beresiko terkena penyakit.

(Foto: optimumnutrition.com)

 

Informasi mengenai tanggal kedaluwarsa adalah informasi mengenai tanda aman sebuah makanan atau minuman masih layak dan aman untuk dikonsumsi. Selain itu, tanggal kedaluwarsa juga mencegah makanan terhindar dari bakteri listeria, campylobacter atau salmonella yang dikaitkan dengan tingkat masalah yang lebih berbahaya.

Senior analis makanan dan minuman Mintel, Dauglas Faughnan mengatakan bahwa kebanyakan masyarakat minim akan pengetahuan tentang pentingnya tanggal kedaluwarsa pada makanan atau minuman. Kurang pemahaman yang jelas dan mengabaikan tanggal kedaluwarsa adalah dua masalah yang perlu diperhatikan. Oleh karena itu, kita harus perlu memperhatikan dan memahami informasi yang tertera pada kemasan produk makanan atau minuman agar terhindar dari keracunan.

Bagi Anda yang berkecimpung di usaha produk kemasan baik itu makanan, minuman, kosmetik atau produk lainnya yang membutuhkan pencetakan tanggal kedaluwarsa ataupun kode produksi, Anda dapat menggunakan Mesin Cetak Coding / Labelling / Expired Date dari Powerpack.

Artikel Terbaru
Artikel Lainnya
@copyright Powerpack Indonesia 2019
SALES