Memahami Istilah-Istilah Tanggal Kedaluwarsa

21 October 2019 | 13:33 WIB
Artikel oleh : Powerpack

(Foto: agri-pulse.com)

Jika kita ingin membeli produk yang dikemas terutama makanan atau minuman, sebaiknya kita harus memperhatikan terlebih dahulu tanggal kedaluwarsanya. Tanggal kedaluwarsa merupakan tanggal batas aman dari makanan tersebut untuk dikonsumsi. Tentunya jika sudah lewat dari tanggal kedaluwarsa, maka makanan atau minuman tersebut sudah tidak layak lagi untuk dikonsumsi.

Tanggal kedaluwarsa memiliki beberapa istilah yang tercantum di produk makanan atau minuman. Istilah-istilah mengenai tanggal kedaluwarsa ini tentunya mempunyai arti masing-masing. Berikut ini istilah-istilah yang menunjukkan tanggal kedaluwarsa yang perlu kita pahami dan ketahui.

1. Tanggal “sell by”. Tanggal ini mempunyai arti yang menjelaskan berapa lama produk makanan atau minuman bisa untuk ditampilkan di toko. Kita sebagai konsumen lebih baik untuk membeli produk dengan lebel “sell by” sebelum tanggal yang tercantum tersebut. Namun, untuk diketahui juga bahwa produk dengan lebel ini juga masih aman untuk dikonsumsi beberapa hari setelah tanggal pada “sell by”, selama penyimpanannya benar dan kondisi produk masih baik (terutama kesegaran, rasa, dan konsistensi). “Sell by” merupakan tanggal terakhir produk berada pada tingkat kualitas tertinggi.

2. Tanggal “best if used by” atau “best before”. Tanggal ini mempunyai arti bahwa produk makanan atau minuman tersebut baik untuk dikonsumsi sebelum tanggal “best before”. Produk makanan atau minuman tersebut memiliki kualiatas terbaiknya (menyangkut kesegaran, rasa, dan tekstur) sebelum tanggal “best before”. Produk dengan lebel ini pun masih bisa dikonsumsi setelah tanggal “best before” dengan memperhatikan terlebih dahulu kualitasnya. Sebagai contoh, roti sudah melewati tanggal “best before”, tapi kualitasnya masih baik (belum berjamur), maka roti tersebut masih bisa dikonsumsi.

(Foto: blogs.discovermagazine.com)

 

3. Tanggal “use by”. Tanggal ini mempunyai arti tanggal terakhir sebaiknya produk digunakan. Setelah tanggal ini, kualitas produk (rasa dan tekstur) akan menurun. Lebel ini biasanya tertera pada makanan yang mudah busuk, seperti daging, salad siap saji. Setelah tanggal ini, sebaiknya segera membuang produk tersebut walaupun produk masih terlihat bagus dan tidak berbau.

4. Tanggal kedaluwarsa atau “expiration”. Tanggal ini mempunyai arti bahwa produk akan tidak layak lagi untuk dikonsumsi atau digunakan lagi setelah tanggal yang tertera. Tanggal yang tertera adalah tanggal terakhir dari produk tersebut dapat dikonsumsi atau digunakan. Lebel ini sering disingkat “exp” pada produk makanan atau minuman. Produk dengan lebel ini sebaiknya segera dibuang setelah melewati tanggal kedaluwarsa. Tanggal ini juga berkaitan dengan kemanan pangan dari produk tersebut.

Pentingnya tanggal kedaluwarsa penting bagi Anda yang berkecimpung di usaha produk kemasan baik itu makanan, minuman, kosmetik atau produk lainnya. Untuk mencetak tanggal kedaluwarsa ataupun kode produksi dapat menggunakan Mesin Cetak Coding / Labelling / Expired Date dari Powerpack.

Artikel Terbaru
Artikel Lainnya
@copyright Powerpack Indonesia 2019
SALES