Inilah Faktor-faktor yang dapat Mempengaruhi Kualitas Produk

03 August 2022 | 09:00 WIB
Artikel oleh : Powerpack

Source : Pexels

Saat membeli suatu produk, hal pertama apa yang menjadi pertimbangan sebelum membeli produk tersebut ? Tentunya pasti dari segi kualitas produk. Bagi pelaku usaha, kualitas produk merupakan salah satu faktor terpenting dalam menjalankan sebuah bisnis. Kualitas produk sangat menentukan tingkat kepuasan konsumen. 

Mengapa perlu menjaga kualitas produk ? Dengan menciptakan produk yang berkualitas, usaha kamu akan mendapatkan image yang bagus di mata pelanggan. Jika usaha kamu menghasilkan produk yang berkualitas maka usaha kamu dapat melakukan kegiatan produksi dengan efektif dan efisien. Semakin berkualitas produk yang ditawarkan, maka konsumen pun akan semakin puas. Jika kepuasan customer terpenuhi, loyalitas pelanggan pun akan terwujud.

Ada beberapa faktor yang mempengaruhi kualitas produk. Kualitas produk yang dihasilkan terkadang memiliki keragaman, karena kualitas produk dipengaruhi oleh beberapa faktor yang menentukan apakah kualitas produk sudah sesuai dengan standar yang telah ditentukan atau tidak. Cari tahu penjelasannya berikut ini, ya!

1. Bahan Baku

Salah satu faktor yang akan mempengaruhi kualitas produk adalah bahan baku. Untuk itu, kamu perlu memilih bahan baku yang memiliki mutu berkualitas. Dalam hal ini kamu perlu menyeleksi sebaik mungkin bahan mana yang cocok, berkualitas, dan harga yang terjangkau. 

Kamu perlu memperhatikan beberapa hal, misalnya seleksi sumber dari bahan baku, pemeriksaan dokumen pembelian dan penerimaan bahan baku, serta penyimpanan bahan baku. Hal-hal tersebut perlu dilakukan dengan baik agar bahan baku yang berkualitas rendah dapat dihindari.

2. Sumber Daya Manusia

Peranan manusia atau karyawan yang bertugas dalam perusahaan tentu akan mempengaruhi hasil produk, karena campur tangan mereka sangat berpengaruh terhadap produk yang akan dihasilkan nantinya. Jika ingin menghasilkan produk yang berkualitas, kamu perlu memperhatikan karyawan atau orang yang mengelola usaha. Perhatian dapat direalisasikan dengan mengadakan pelatihan, pemberi motivasi, kesejahteraan, dan lain sebagainya.

3. Peralatan

Peralatan digunakan untuk proses produksi juga akan mempengaruhi kualitas produk yang dihasilkan. Jika peralatan memiliki kekurangan dan peralatan tidak lengkap, tentu akan menghasilkan produk bermutu. Hal ini dapat mengakibatkan biaya produksi tinggi, sedangkan produk yang dihasilkan kemungkinan tidak laku di pasaran. Hal ini dapat mengakibatkan kamu tidak dapat bersaing dengan usaha lainnya yang telah menggunakan peralatan yang memadai. 

Dalam proses produksi pada produk makanan, kamu dapat menggunakan mesin pengolah makanan dari FOMAC. FOMAC menawarkan berbagai jenis mesin pengolah makanan dan minuman seperti mixer, oven, mesin penggiling daging, pemotong daging/tulang/sayuran, mesin penggoreng, mesin kopi, jus dispenser, mesin es, kulkas atau lemari pajangan, dan mesin pengolah makanan/minuman lainnya. Untuk peralatan dalam proses pengemasan, kamu dapat menggunakan mesin pengemas dari POWERPACK.  

4. Kemasan

POWERPACK menyediakan berbagai jenis mesin pengemas, seperti mesin strapping, mesin vakum sealer, mesin filling, mesin coding atau labelling, mesin shrink, mesin laminating, dan beragam mesin pengemasan lainnya. Untuk proses penyegelan kamu dapat menggunakan Mesin Cup Sealer CS-M795I untuk produk minuman yang menggunakan kemasan gelas plastik atau cup, Mesin Hand Sealer PCS-300I untuk produk makanan yang menggunakan kemasan plastik, dan Mesin Pedal Sealer FRP-800T untuk produk lainnya yang memiliki ukuran yang lebih panjang hingga 80 cm.

 

CS-M795I

Spesifikasi Produk

Voltase : 220 V / 50 Hz

Daya : 350 W

Tipe : Manual Non-Digital Counter

Size Cup : 9 dan 9,5 cm

Kecepatan Pengemasan : 300-550 cup/jam

Berat : 12 Kg

Dimensi Mesin : 25 x 30 x 55 cm

 

Untuk informasi lebih detail silahkan cek video di bawah ini, ya!

 

PCS-300I

Spesifikasi Produk

Voltase : 110-220 V / 50-60 Hz

Daya : 450 Watt

Panjang Segel : 300 mm

Lebar Segel : 2,5 mm

Berat : 2,8 Kg

Dimensi : 420 x 80 x 125 mm

 

Untuk informasi lebih detail silahkan cek video di bawah ini, ya!

 

FRP-800T

Spesifikasi Produk

Voltase : 220 V / 50 Hz

Daya : 520 Watt

Panjang Seal : 80 Cm

Waktu : 0,2-2 s

Berat : 13 Kg

Untuk informasi lebih detail silahkan cek video di bawah ini, ya!


 

Sumber :

https://vocasia.id/blog/faktor-kualitas-produk/ 

 

Hai! Selamat datang di website POWERPACK!

Pomin siap membantu Anda. Jangan ragu untuk memberi tahu Pomin kebutuhan kamu.

Hello! What can I do for you?
×
Hubungi Kami