Ide Jualan Makanan Ringan yang Cocok Ala Anak Sekolahan

27 February 2023 | 18:35 WIB
Artikel oleh : Powerpack

Source : Pexels

Banyak Waktu luang di rumah? Membuka usaha makanan kecil dapat menjadi pilihan untuk kamu. Selain menghabiskan waktu dengan lebih bermanfaat, aktivitas ini juga akan memberimu penghasilan. Ada banyak ide jualan makanan yang bisa dijadikan pertimbangan, salah satunya aneka jajanan untuk anak sekolahan. 

Ketika mendengar kata jajanan, tentu kita langsung teringat pada anak-anak karena memang jajanan sangat identik dengan anak-anak, terutama anak sekolah seperti TK dan SD. Kebiasaan anak-anak menyukai jajan cemilan disebabkan ukuran perut yang kecil, dan masa pertumbuhan yang membutuhkan energi yang banyak. Ketika kita masih kecil pun, kamu tentu sering jajan dan memiliki jajanan kesukaan. 

Beberapa jajanan sekolahan biasanya cukup populer walaupun bukan untuk dijual di sekolahan. Selain rasanya yang lezat, variasi yang banyak, jajanan sekolahan juga biasanya terbilang mudah untuk dibuat. Hal ini akan sangat membantu dan mempermudah kamu untuk memulai usaha rumahan ini.  

Berikut ini beberapa makanan ringan untuk anak sekolahan yang dapat kamu jadikan sebagai ide usaha. Simak selengkapnya di bawah ini, ya! 

1. Basreng 

Bakso goreng atau basreng merupakan salah satu makanan yang menjadi favorit di kalangan anak-anak dan remaja. Ditambah dengan bubuk cabai, camilan yang satu ini semakin laris manis di pasaran. Kamu dapat menjualnya dalam kemasan yang lebih kecil ataupun kemasan yang lebih besar. 

2. Mie Lidi

Siapa yang waktu kecil suka makan mie lidi ? Makanan yang menjadi favorit anak-anak era 90-an ini masih eksis hingga saat ini. Penjualan mie lidi semakin meningkat karena penambahan berbagai macam rasa, mulai dari yang gurih hingga super pedas. Mie lidi atau lidi-lidian merupakan jajanan jadul yang terbuat dari adonan tepung sagu, tepung terigu, garam, penyedap rasa, air, dan baking powder. Adonan ini kemudian diuleni, dipipihkan, dan dipotong tipis-tipis hingga seperti lidi kemudian digoreng sampai garing.

3. Keripik Kentang

Keripik kentang merupakan makanan yang terbuat dari potongan tipis kentang yang digoreng atau dipanggang hingga garing. Kamu dapat menjual keripik yang satu ini dengan harga yang murah meriah. Kamu dapat membuat variasi rasa dengan menambahkan beberapa rasa seperti balado, sapi panggang, rumput laut, dan lain sebagainya untuk menambah variasi.

4. Usus Crispy

Keripik Usus atau Usus Crispy merupakan keripik temuan terbaru yang terbuat dari bahan baku usus ayam. Keripik ini diolah dengan aneka bumbu “khas Indonesia” sehingga menghasilkan keripik yang gurih, lezat, empuk, renyah. Usus ayam dapat dijadikan sebagai camilan sekaligus lauk yang murah meriah. Proses pembuatannya hanya baluri dengan adonan tepung bumbu, lalu goreng hingga garing. Untuk pengemasan, kamu juga dapat menambahkan saus sambal secara terpisah.

5. Makaroni Goreng

Makanan lezat berbumbu satu ini tentunya sangat nikmat dibuat teman untuk nongkrong dimanapun dan kapanpun, ditambah lagi sekarang banyak varian bumbu yang unik yang dapat memberikan ciri khas untuk dagangan jajanan anak sekolahan yang kekinian.

 

Beberapa makanan ringan di atas dapat kamu jadikan sebagai ide untuk memulai usaha. Karena banyaknya orang yang menyukai cemilan untuk menemani di saat waktu luang ataupun saat melakukan sesuatu. 

Pengemasan juga perlu kamu perhatikan saat menjalankan usaha menjual produk. Memberikan pengemasan yang baik dan benar dapat membuat produk yang dijual menjadi lebih aman dari kerusakan. Serta membuat barang yang dikemas menjadi lebih awet dan terjaga kualitasnya. 

Untuk menyegel kemasan produk jajanan anak sekolahan kamu, sebaiknya menghindari penyegelan dengan menggunakan staples atau lilin. Penggunaan staples tidak akan menutup erat sehingga makanan akan cepat lembek karena “masuk angin”, selain itu staples juga berbahaya bagi kesehatan dan dapat menimbulkan tersedak. Selain staples penggunaan lilin untuk menyegel juga tidak direkomendasikan karena proses melelehkan dengan menggunakan api akan menghasilkan gas berbahaya yang bisa mencemari isi makanan yang dikemas, selain itu, penggunaan lilin rentan tersenggol dan bisa menyebabkan bahaya kebakaran.

Untuk tetap menjaga kualitas produk di dalam kemasan dengan aman dan berkualitas, kamu memerlukan penyegel yang dapat menyegel kemasan dengan rekat, rapi, dan rata. Kamu dapat menggunakan Hand Impulse Sealer FS-500H dari POWERPACK. Hand Impulse Sealer FS-500H merupakan alat segel plastik yang sangat umum dan paling banyak digunakan dikarenakan kemudahan pengoperasian, ukuran yang kecil dan tentu saja harga yang ekonomis. Seperti namanya, cara pengoperasian Hand Impulse Sealer FS-500H ini menggunakan tangan untuk menyegel atau merekatkan kemasan plastik. Mesin ini merupakan pengembangan dari penyegelan kemasan tradisional yang menggunakan lilin. 

Proses pengemasan produk dengan menggunakan Hand Impulse Sealer FS-500H akan lebih cepat, rapi, higienis, hemat, dan menambah daya tarik tentunya. Pengoperasian dari Hand Impulse Sealer FS-500H sendiri sangatlah mudah, dan tidak membutuhkan keahlian khusus. Sifat yang flexible dan ringan membuat Hand Impulse Sealer FS-500H sangat mudah untuk dipindahkan dan praktis tentunya.

Hand Impulse Sealer FS-500H merupakan penyegel yang sempurna untuk plastic PE dan PP. Hand Impulse Sealer FS-500H dapat digunakan untuk membungkus berbagai jenis makanan umum, makanan ringan, obat, dan lain-lain. Hand Impulse Sealer FS-500H cocok digunakan untuk kamu yang menggunakan bahan plastik sebagai kemasan.

Spesifikasi:

Daya : 650 W

Panjang Segel : 50 cm

Lebar Segel : 0,1-0,4 cm

Tebal Segel : 2,8 mm

Berat : 5 kg

Dimensi : 70 x 35 x 24,5 cm

Untuk informasi lebih detail silahkan cek video di bawah ini, ya!

 

Sumber : 

https://radargarut.jabarekspres.com/apa-itu-mie-lidibagaimana-cara-membuatnya/ 

https://bukuwarung.com/usaha-makanan-ringan/#22_Keripik_Kentang 

 

Hai! Selamat datang di website POWERPACK!

Pomin siap membantu Anda. Jangan ragu untuk memberi tahu Pomin kebutuhan kamu.

Hello! What can I do for you?
×
Hubungi Kami