Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Mengemas Makanan dengan Vacuum Sealer

15 August 2022 | 09:35 WIB
Artikel oleh : Powerpack

Source : Google

Saat ini dengan teknologi yang semakin canggih, kita tidak perlu lagi mengawetkan makanan dengan cara yang manual. Untuk dapat mengawetkan atau memperpanjang masa konsumsi dari produk makanan, kamu dapat menggunakan lemari pendingin. Untuk mengawetkan makanan dengan lemari pendingin tidak menjamin dapat menjaga kualitas produk makanan selama penyimpanan. Dalam menjaga kualitas makanan dan mengawetkan produk makanan, kamu dapat menggunakan kemasan produk yang menggunakan vacuum sealer. Pengemasan vakum adalah metode pengemasan yang menghilangkan udara dari paket sebelum penyegelan. Metode ini melibatkan penempatan barang dalam kemasan film plastik, mengeluarkan udara dari dalam dan menyegel kemasan. 

 

Penggunaan kemasan vakum dapat mengunci kelembaban bahan makanan sehingga setelah beberapa lama pun, produk makanan tersebut tetap segar. Kemasan vakum juga memiliki ketebalan dan kekuatan yang cukup sehingga kemasan produk makanan seperti kemasan frozen food yang tidak mudah rusak dan produk terjaga kualitasnya.

 

Jika produk biasa hanya dikemas seadanya dengan plastik dan mesin sealer, proses pembusukan atau basi mungkin akan lebih cepat. Jika menggunakan tambahan vacuum, produk tersebut bisa bertahan jauh lebih lama hingga 10 – 15 hari kemudian. Mesin Vacuum Sealer dapat menjaga kualitas dan rasa dari bahan makanan. Jika kamu mengemas bahan makanan menggunakan kontainer atau kantong plastik biasa lalu dimasukkan ke dalam lemari pendingin, lama kelamaan akan terbentuk kristal di sekeliling bahan makanan tersebut. Kristal ini terbentuk karena air dari dalam bahan makanan keluar dan terkena udara. Akibatnya, kualitas dan rasa bahan makanan jadi berubah karena kelembabannya berkurang. Menggunakan mesin vacuum sealer dapat mengunci kelembaban bahan makanan sehingga setelah beberapa lama pun, rasanya tetap segar.

 

Pada dasarnya, mesin vacuum sealer sangat aman dan mudah untuk digunakan. Hal ini dikarenakan, keseluruhan proses dilakukan secara otomatis. Selain itu, suhu penyegelan dan waktu penyegelan dapat diatur sesuai dengan kebutuhan seperti jenis plastik kemasan, ketebalan plastik kemasan, dan lain sebagainya. Sehingga proses segel-vakum dapat lebih maksimal hasilnya. 

 

Namun, apakah kamu sudah menggunakan vacuum sealer namun makanan masih tidak awet ? Kamu perlu memperhatikan beberapa hal seperti jenis plastik, perawatan mesin, teknik, dan waktu penyegelan.

 

Jenis plastik yang cocok digunakan untuk vacuum sealer adalah plastik berbentuk kantong (bag) yang didesain khusus dengan 3 kombinasi bahan plastik (LDPE, PET, dan NYLON) dan dilaminasi ketiga sisinya (three side seal) sehingga dapat berfungsi sebagai penyimpanan kedap udara agar tetap segar dan siap untuk dimasak atau dikonsumsi.

 

Untuk hasil yang sempurna, kamu juga perlu merawat mesin vacuum sealer. Perawatan untuk mesin vacuum sealer, kamu perlu membersihkan mesin sesudah penggunaan. Teknik disetiap jenis vacuum sealer memiliki aturan pemakaian yang berbeda-beda. Ikuti teknik pemakaian sesuai dengan panduan agar mesin vacuum sealer tetap aman dan tidak mudah rusak.

 

Saat proses vakum dan penyegelan, waktu yang diperlukan untuk mendapatkan hasil yang sempurna juga perlu diperhatikan. Semakin lama proses penyegelan, maka makanan akan semakin awet karena penyegelan yang sempurna dan begitu sebaliknya. Namun, hal ini perlu disesuaikan dengan jenis kemasan plastik dan ketebalan plastik.

 

Untuk memvakum bahan makanan, kamu dapat menggunakan Mesin Single Chamber Vacuum Sealer DZ-260 dari POWERPACK. Mesin Single Chamber Vacuum Sealer DZ-260 memiliki pengaturan waktu, gas-fil, dan waktu segel. Mesin Single Chamber Vacuum Sealer DZ-260 dilengkapi oleh fitur program. Yang mana terdapat 9 macam program dengan pengaturan waktu yang berbeda-beda sesuai jenis plastik kemasan. Sehingga, jika dalam satu waktu diperlukan beberapa kemasan dan produk yang disegel, pengguna tidak perlu untuk menyetel ulang pengaturan waktunya. Pengguna hanya perlu untuk memilih program nomor berapa yang ingin digunakan, sesuai dengan aturan program yang sudah disetel oleh pengguna tersebut.

 

Mesin Single Chamber Vacuum Sealer DZ-260 juga dilengkapi dengan grounding protection yang aman dan proteksi E-Stop Button untuk mengatasi kecelakaan mendadak. Jika terjadi kerusakan saat proses pengemasan sedang berjalan, seperti muncul asap, muncul suara yang tidak seperti biasanya, atau muncul kerusakan-kerusakan lainnya, pengguna dapat segera menekan tombol E-Stop dapat ditekan untuk menghentikan prosedur pengemasan yang berjalan.

DZ-290

Spesifikasi Produk

 

Voltase

220V / 50Hz

Daya

370 Watt

Kekuatan Segel

200 Watt

Tekanan Media Vakum

1,0 Kpa

Panjang & Lebar Segel

26x0,5 cm

Ruang Vakum

28,2 x 38,5 x 10 cm

Tekanan Vakum

8m³/h

Berat

35 Kg

Dimensi

33,5 x 48,8 x 36 cm

Untuk informasi lebih detail silahkan cek video dibawah ini, ya!

 

Hai! Selamat datang di website POWERPACK!

Pomin siap membantu Anda. Jangan ragu untuk memberi tahu Pomin kebutuhan kamu.

Hello! What can I do for you?
×
Hubungi Kami