Cara membuat Saus yang Higienis dan Sehat

12 February 2023 | 08:57 WIB
Artikel oleh : Powerpack

Source : Pexels

Semua orang pasti mengenal salah satu bahan pelengkap yang wajib dikala menikmati makanan ringan. Apalagi kalau bukan saus ?!! Saus merupakan salah satu bahan pelengkap makanan yang berbentuk cairan kental dan pada umumnya berfungsi sebagai bahan penyedap dan umumnya menjadi bahan cocolan menikmati camilan atau gorengan. Bagi masyarakat Indonesia, saus sering dinikmati saat memakan kentang goreng, burger, keripik, dan makanan lainnya. Saus juga kerap digunakan sebagai bahan untuk bumbu dasar masakan seperti misalnya untuk bumbu saus padang, saus tiram, dan masih banyak lagi.

Di Indonesia kita dapat menemukan beragam jenis saus seperti misalnya saus tomat, saus sambal, saus tiram, saus rendaman daging, saus kacang dan masih banyak lagi, sehingga tidak heran jika sebagian besar masyarakat Indonesia tidak asing dengan sebutan sausbegitu menyukainya. Apalagi masakan Indonesia sejatinya lebih nikmat bila ditambahkan dengan saus sambal. Oleh karena itu, kultur yang sudah mengendap sekian lama ini menjadikan bisnis saus sangat menjanjikan. Dari saus kacang, saus tiram, saus sambal, hingga saus tomat, semua masyarakat Indonesia menyukainya.

Masih banyak dari kita yang mengandalkan saus botolan karena alasan praktis, sebetulnya banyak manfaat yang didapatkan dengan mengetahui cara membuat saus sendiri. Tidak hanya kita bisa berhemat, tapi saus yang kita buat sendiri dapat lebih sehat karena tidak mengandung pengawet ataupun gula berlebih. Dan ternyata bahan dan cara membuatnya pun sangat mudah dan tidak perlu waktu lama.

Simak berikut ini bahan dan cara untuk membuat saus sambal yang higienis dan sehat. Selamat mencoba!

BAHAN  

  • Bahan Utama

500 gr / 6 Buah Tomat

100 gr / 2 Genggam Cabe Merah

50 gr / 7 Siung Bawang Putih

36 gr / 3 Sdm Tepung Maizena (Larutkan pakai sedikit air)

400 ml / 1,6 Gelas Air 

  • Bahan Bumbu

200 gr / 10 Sdm Gula Pasir

34 gr / 2 Sdm Garam

30 ml / 2 Sdm Cuka

LANGKAH 

  1. Rebus air secukupnya. Lanjut masukan Cabe Merah, Tomat, dan Bawang Putih. Rebus sebentar selama 5-10 menit, lalu angkat dan tiriskan.
  2. Masukan Cabe Merah, Tomat, Bawang Putih, dan air. Haluskan hingga benar-benar halus, setelah itu saring.
  3. Kemudian panaskan bahan yang telah dihaluskan tadi, campurkan larutan Maizena, gula, garam dan cuka. Masak sambil terus diaduk sampai mengental. Catatan : Dimasak asal kental saja ya, jangan terlalu kental. Karena saat dingin nanti akan mengental lagi.

 

Sangat mudah bukan ? Kamu juga dapat memulai sebuah usaha dengan memproduksi saus homemade ini. Dengan proses pembuatan yang mudah kamu tidak akan kerepotan jika memproduksinya dalam jumlah yang banyak. 

 

Agar proses pengemasan menjadi lebih mudah dan cepat, kamu dapat menggunakan Mesin Pengisi dan Pengemasan Sachet FSL-10W dari POWERPACK. Mesin Pengisi dan Pengemasan Sachet atau dapat disebut juga Filling and Sealing Sachet Machine merupakan mesin yang berfungsi untuk mengisi produk ke dalam kemasan, menyegel kemasan produk secara otomatis, dan memberikan kode produksi atau kode expired. Seluruh fungsi tersebut didapatkan dalam satu mesin FSL-10W ini. Karena hal tersebut, Mesin Pengisi dan Pengemasan Sachet FSL-10W dapat menghemat biaya produksi karena ketiga hal tersebut yang umumnya dilakukan oleh tiga orang, dapat dilakukan hanya dengan satu mesin saja.

 

Mesin Filling and Sealing Sachet FSL-10W dapat digunakan untuk berbagai kapasitas 0-80 ml yang mana dapat ditentukan sesuai dengan kebutuhan pengguna. Dengan adanya penggunaan mesin Filling and Sealing Sachet FSL-10W ini, proses pengemasan menjadi lebih efektif dan efisien. Selain itu, juga menjadi lebih aman dan steril karena minimnya kontak tangan dengan produk.

Spesifikasi : 

Voltase : 220 V / 50 Hz

Daya : 1 Kw

Dimensi : 520 x 110 x 180 mm

Berat : 80 Kg

Air Pressure : 0.5 Mpa

Lebar Film : 10 cm

Kapasitas : 0-80 ml

Kapasitas Hopper : 25 L

Ukuran Maks. Kemasan : 0-16 cm

Untuk informasi lebih detail silahkan cek video di bawah ini, ya!

 


 

Sumber : 

https://caramembuat.id/cara-membuat-saus-sambal/ 

 

Hai! Selamat datang di website POWERPACK!

Pomin siap membantu Anda. Jangan ragu untuk memberi tahu Pomin kebutuhan kamu.

Hello! What can I do for you?
×
Hubungi Kami