3 hal yang harus diperhatikan agar usaha kamu menonjol di tengah pandemi

12 January 2022 | 15:36 WIB
Artikel oleh : Powerpack

Source : Unsplash

UMKM merupakan salah satu sektor usaha yang memberikan kontribusi terbesar dan mengalami perkembangan pesat terhadap perekonomian Indonesia saat pandemi berlangsung. Berdasarkan data dari Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Kemenkop UKM) pada bulan maret 2021 UMKM memiliki kontribusi terhadap PDB sebesar 61.04%.

Ditengah pandemi, pemerintah mengeluarkan kebijakan agar UMKM dapat bertahan dan berkembang melalui program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN). Program PEN ini berupa Program Bantuan Presiden (Banpres) Produktif Usaha Mikro, Subsidi bunga/margin, Belanja Imbal Jasa Penjaminan (IJP), dan lainnya.

Pemerintah melalui Kominfo juga meluncurkan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) untuk mendorong digitalisasi untuk UMKM. Selain itu, digitalisasi juga bertujuan agar dapat meningkatkan ekspor produk UMKM.

Nah, agar usaha kamu dapat menonjol dibandingkan dengan kompetitor simak selengkapnya dibawah ini!

 

1. Media Promosi

Media sosial digunakan sebagai media promosi

Di tengah pandemi saat ini promosi secara digital atau online merupakan cara yang paling mudah dan cepat. Promosi melalui digital juga memiliki keunggulan dapat menjangkau pelanggan lebih luas sehingga lebih banyak orang mengetahui produk kamu. Media promosi secara digital memiliki beragam cara yang dapat kamu gunakan, seperti media sosial, marketplace, dan iklan.

Promosi online memang memiliki keunggulan dapat menjangkau lebih banyak pelanggan. Tapi jangan melupakan promosi secara offline juga.

Promosi dengan cara offline juga dapat menjangkau customer sama luas seperti online yaitu baliho. Saat ini dunia promosi offline juga berkembang dengan adanya iklan yang dipasang pada mobil dan motor sehingga dapat menjangkau ke daerah  yang padat penduduk.

 

2. Interaksi dengan Customer

Kutipan “pelanggan adalah raja” merupakan hal yang sering digunakan dalam berbisnis. Para pelaku usaha dituntut untuk selalu memberikan pelayanan terbaik untuk pelanggan. Pelayanan yang ramah dan selalu tersenyum akan meningkatkan kesan baik di mata pelanggan.

Berbisnis di era digital seperti saat ini, membuat intensitas bertemu dengan pelanggan semakin berkurang. Momen seperti ini dapat memanfaatkan fitur chat personal untuk meningkatkan emosional terhadap produk yang kita jual.

 

3. Kemasan

Mungkin sebagian orang merasa kemasan hanya digunakan untuk melindungi produk yang dijual. Kenyataannya kemasan dapat menjadi salah satu media promosi. Kemasan yang memiliki ciri khas dapat memudahkan pelanggan untuk mengenali produk kamu jual. 

 

Kemasan juga dapat sebagai alat komunikasi dari penjual ke pembeli. Informasi dapat berupa tanggal produksi  dan bahan-bahan.

Tetapi proses mengemas barang terkadang menjadi salah satu kendala yang dialami oleh penjual. Proses mengemas barang dapat memakan waktu dan keterbatasan alat juga menjadi kendala.

FRP-800T merupakan alat segel kemasan plastik. Alat ini memiliki pengatur waktu segel sehingga akan lebih mudah menentukan waktu segel dari plastik kemasan. 

Mesin ini memiliki panjang pemanas sebesar 80 cm sehingga cocok untuk kamu yang memiliki produk dengan panjang kurang dari 80 cm. Agar lebih jelas simak video dibawah ini tentang bagaimana cara kerja mesin FRP-800T:

Sumber : 

Pemerintah Terus Perkuat UMKM Melalui Berbagai Bentuk Bantuan 

Inilah Dukungan Pemerintah Agar UMKM Go Digital dan Go Global

Hai! Selamat datang di website POWERPACK!

Pomin siap membantu Anda. Jangan ragu untuk memberi tahu Pomin kebutuhan kamu.

Hello! What can I do for you?
×
Hubungi Kami