Inilah Beberapa Istilah Keterangan Kode Pada Kemasan Produk yang Perlu Diketahui

29 March 2023 | 19:51 WIB
Artikel oleh : Powerpack

Source : Google

Jika kita melihat lebih cermat pada kemasan suatu produk, kita akan menemukan tulisan yang berisi informasi mengenai produksi produk tersebut, itulah yang disebut dengan kode produksi.

Tulisan kode produksi pada kemasan biasanya tertera bersamaan dengan masa kadaluarsa suatu produk. Selain untuk memberikan informasi mengenai proses pembuatannya, kode produksi adalah unsur penting dalam suatu produk yang berguna sebagai indikator bagi konsumen bahwa produk tersebut selalu terlindungi kualitasnya.

Pada kode produksi tercantum waktu produksi yang meliputi tanggal, bulan dan tahun. Tujuan utama dari adanya kode produksi ini adalah untuk mengetahui usia produk serta menunjukkan bahwa produk tersebut adalah asli. Namun, ada beberapa kode produksi yang memiliki beragam istilah. Berikut ini beberapa istilah keterangan kode pada kemasan produk. Simak selengkapnya di bawah ini, ya!

1. Expired Date

Kadaluarsa atau yang disebut dengan expired date adalah tanggal batas maksimal dimana produk dapat dikonsumsi. Dalam menetapkannya, produsen melakukan serangkain tes untuk menguji perubahan fisik, bau dan dari jumlah bakteri yang tumbuh pada produk pangan yang ingin dilabeli.

2. Best Before

Best before digunakan untuk merujuk kualitas produknya. Artinya bila ada produk yang sudah lewat tanggal best before maka yang terpengaruh hanyalah rasa. Jadi pada umumnya makanan yang belum dibuka dan disimpan dengan tepat biarpun sudah lewat tanggal best before namun tetap aman dikonsumsi dan masih ada nilai gizinya, yang berbeda hanyalah rasanya saja.

3. Use Before

Use before, kurang lebih sama seperti Best Before, yaitu merupakan tanggal yang menunjukan kualitas dan kesegaran dari sebuah produk. Label ini menganjurkan Anda untuk membeli dan mengkonsumsi produk sebelum tanggal tersebut.

4. Baked On

Baked On, sering dipakai untuk bakery yang artinya adalah kue dan roti akan lebih terasa nikmat dikonsumsi di hari yang sama dalam periode 24 jam. Dilansir dari Tempo.co label ini dapat membatu pembeli untuk membuat keputusan mengkonsumsi roti atau kue.

5. Kode P/M atau MFG

Kode P/M atau MFG, artinya adalah singkatan dari manufacturing date. Kode ini disertai dengan tanggal yang menjelaskan tanggal produk tersebut dibuat atau diproduksi. Selain itu, juga sering disertai dengan kode atau singkatan tertentu untuk nama perusahaan. Pada umumnya kemasan dengan kode ini disertakan di atas tanggal Expired Date atau Best Before Date, dengan tulisan misal MFG 170517, berarti produk tersebut dibuat oleh pabrikannya pada 17 Mei 2017.

6. Pack by Date

Pack by Date, adalah kode yang digunakan untuk menyertakan tanggal kapan produk tersebut di packing oleh produsen atau distributor. Biasanya, kode  ini terdapat pada minuman seperti kopi, teh, manisan atau buah kaleng.

7. Sell Before

Sell Before, merupakan informasi tanggal yang menjelaskan kapan barang harus dipajang untuk dijual dan harus dibeli sebelum memasuki tanggal tersebut. Label ini ditujukan untuk distributor atau penjual bukan konsumen.

8. Display Until

Display Until, label ini dicetak pada kemasan bertujuan untuk membantu supermarket dalam mengelola perputaran stock. Sehingga tidak ada implikasi nyata bagi konsumen. Pada umumnya kode ini juga tidak ditampilkan pada produk, melainkan pada kardus atau packaging barang.

 

Nah, itulah beberapa istilah keterangan kode pada kemasan produk. Sebagai Produsen dan Konsumen, kita perlu cermati dalam kode-kode tersebut jika ingin membeli suatu produk. Para produsen wajib menyertakan label yang lengkap pada produk pangan yang dimiliki. Seperti yang telah diatur dalam Peraturan Pemerintah Nomor 69 Tahun 1999 tentang Label Dan Iklan Pangan. 

Di dalamnya tertulis setiap orang yang memproduksi atau menghasilkan pangan yang dikemas di Indonesia untuk diperdagangkan wajib mencantumkan label pada kemasan produknya. Label-label tersebut tidak hanya tanggal kadaluarsa saja, namun juga memuat nama produk, daftar komposisi, berat bersih, identitas produsen, legalitas, tanggal produksi, tanggal bulan tahun kadaluarsa atau layak dikonsumsi, nomor izin edar pangan, dan ketentuan lainnya.

Untuk membantu para produsen memberikan informasi kode produksi pada kemasan produk, POWERPACK menghadirkan Handheld Inkjet Printer M7

Handheld Inkjet Printer M7 merupakan alat yang berfungsi untuk mencetak kode produksi atau expired date pada kemasan. Mencetak kode produksi dengan Handheld Inkjet Printer M7 akan lebih mudah dengan teknologi inkjet printing karena cara kerja alat ini cukup menempelkan alat ke kemasan menggunakan tangan dan memulai proses mencetak. Alat pencetak ini juga menggunakan daya baterai yang dapat diisi ulang. Jadi, kamu dapat menggunakan Handheld Inkjet Printer M7 di mana saja dan kapan saja.

Handheld Inkjet Printer M7 memiliki dimensi yang kecil sehingga dapat memudahkan dalam menyimpan atau membawa alat ini. Handheld Inkjet Printer M7 memiliki layar touch screen dan USB port yang akan memudahkan kamu untuk mengoperasikan atau mengatur file yang akan dicetak.

Handheld Inkjet Printer M7 support USB drive, jadi kamu dapat import data dari komputer dengan format TXT atau Excel. Handheld Inkjet Printer M7 memiliki fitur dapat menyimpan file kode yang dicetak sehingga memudahkan kamu untuk print ke produk lain dengan konten yang sama. Bahan Cetak pada mesin Handheld Inkjet Printer M7 adalah karton, pipa, kabel, logam, plastik, elektronik, papan serta, baja ringan, aluminium foil, dll.

Setiap pembelian mesin Handheld Inkjet Printer M7 dari POWERPACK akan mendapatkan 1 buah mesin, 2 buah tinta, USB flash drive, stylus pen, 1 buah baterai 1500 mAh, charge, dan karet pengganti.

Spesifikasi : 

Voltase : Baterai Lithium DC16.8 (2600mAh)

Daya : 5 W

Sistem Operasi : Linux

CPU : Quad Core 1.4 Hz

Bahasa : Inggris, China, Turki, Arab, Korea, Italia

Fitur Bentuk : ABS+PC

Dimensi : 220 x 114 x 130 mm

Berat : 0.8 Kg

Tinggi Pencetakan : 12.7 mm

Jarak Pencetakan : 2-5 mm

Konten Cetak : Text, Waktu, Nomor batch, Nomor seri, Logo, Kode QR, Kode Batang

Penyimpanan : + 1000 pesan

Panjang Pencetakan : 2000 Karakter

Kecepatan Pencetakan : 70 m/min

Warna : Hitam, Putih, Merah, Kuning, Biru, Hijau

External Interface : USB

Suhu : 0-30°C

Kelembaban : 10-80%

Untuk informasi lebih detail silahkan cek video di bawah ini, ya!

 


 

Sumber : 

https://goukm.id/perbedaan-label-expired-date-dan-best-before/ 

 

Hai! Selamat datang di website POWERPACK!

Pomin siap membantu Anda. Jangan ragu untuk memberi tahu Pomin kebutuhan kamu.

Hello! What can I do for you?
×
Hubungi Kami